Langgar Kode FIFA Saat Vs Malaysia, Ini Ancaman Sanksi yang Bayangi Indonesia

Kompas.com - 06/09/2019, 16:52 WIB
Suporter tim nasional Malaysia dilempari cerawat oleh pendukung tuan rumah Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (5/9/2019). KOMPAS.COM/JALU WISNU WIRAJATISuporter tim nasional Malaysia dilempari cerawat oleh pendukung tuan rumah Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (5/9/2019).

KOMPAS.com - Timnas Indonesia tampaknya harus siap menerima "getahnya" seusai laga melawan Malaysia pada babak Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia diwarnai kericuhan.

Bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis (5/9/2019), pertandingan tersebut akhirnya dimenangkan Malaysia dengan skor 3-2.

Pada babak kedua, laga sempat dihentikan akibat ulah oknum suporter Indonesia yang melancarkan serangan ke arah pendukung Malaysia.

Baca juga: Pesan Beto untuk Suporter Timnas Indonesia

Tak berhenti di situ, seusai laga, kerusuhan kembali memananas di luar stadion.

Pendukung Malaysia pun terpaksa terkurung di dalam stadion.

Mereka akhirnya diamankan oleh pihak kepolisian dan baru kembali ke hotel beberapa jam pasca-pertandingan.

Atas insiden itu, dilansir BolaSport dari New Strait Times, Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) mengajukan protes resmi kepada FIFA.

Ancaman hukuman denda uang, larangan menghadirkan penonton dalam laga kandang, harus memainkan laga kandang di tempat netral, hingga pengurangan poin kini mengancam Indonesia.

Sesuai dengan Kode Kedisiplinan FIFA, Indonesia dalam hal ini PSSI jelas melakukan pelanggaran seperti tertera di Pasal 16.

Baca juga: Indonesia Vs Malaysia Ricuh, PSSI Siap Terima Sanksi dari FIFA

Pada ayat 1 Pasal 16 jelas disebutkan asosiasi tuan rumah sebuah pertandingan resmi FIFA harus bertanggung jawab pada keamanan dan ketertiban di dalam dan sekitar stadion sebelum, selama, serta sesudah pertandingan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber BolaSport
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X