Masa Depan E-sports di Indonesia Dibahas di Banjarmasin

Kompas.com - 05/09/2019, 19:26 WIB
Babak final kejuaraan e-sports Piala Presiden 2019 yang akan digelar di Istora Senayan, Jakarta, 30-31 Maret 2019 IESPLBabak final kejuaraan e-sports Piala Presiden 2019 yang akan digelar di Istora Senayan, Jakarta, 30-31 Maret 2019

JAKARTA, KOMPAS.com - Masa depan e-sports di Indonesia menjadi topik bahasan di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Adalah pihak Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) yang berencana menggelar simposium tersebut pada Sabtu (7/9/2019).

Saat itu, e-sports dalam wacana keolahragaan adalah topik penting yang dibicarakan.

Simposium itu bertajuk Interpretaso E-sports dalam Wacana Keolahragaan Nasional, tulis laman antaranews.com .

Baca juga: Makin Memperkenalkan E-sports ke Masyarakat, Begini Caranya

"Kami ingin memformulasikan e-sports dalam konteks (keolahragaan) supaya tidak ada kerancuan (makna) pemikiran soal itu," kata Sekretaris Kemenpora Gatot S Dewa Broto dalam jumpa pers hari ini, Kamis (5/9/2019).

Kegiatan turnamen olahraga e-sports di Lantai 3 Cikini Gold Center (CGC) pada Sabtu (31/8/2019). Diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo pada 28 Mei 2014, Pasar CGC menjadi salah satu pusat penjualan perhiasan emas di Jakarta.
Kompas.com/Josephus Primus Kegiatan turnamen olahraga e-sports di Lantai 3 Cikini Gold Center (CGC) pada Sabtu (31/8/2019). Diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo pada 28 Mei 2014, Pasar CGC menjadi salah satu pusat penjualan perhiasan emas di Jakarta.

Dalam catatan Kemenpora, dalam simposium sehari itu akan hadir pembicara-pembicara dari bidang ilmu keolahragaan, kesehatan, sosiologi, psikologi, ekonomi, dan budaya.

Pihak Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga disertakan dalam simposium ini.

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi usai menyaksikan babak final turnamen e-sports Piala Presiden 2019 di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (30/3/2019).Kompas.com/Alsadad Rudi Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi usai menyaksikan babak final turnamen e-sports Piala Presiden 2019 di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (30/3/2019).

Gatot mengatakan lagi Undang-undang Sistem Keolahragaan Nasional (SKN) belum mengakomodasikan pembahasan e-sports.

"Kemenpora sedang menyusun peraturan menteri tetang regulasi pelaksanaan e-sports menurut prinsip-prinsip olahraga," tuturnya.

Pertandingan babak final kejuaraan e-sports Piala Presiden 2019 antara PSG.RRQ vs ROC Bali di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (30/3/2019).Kompas.com/Alsadad Rudi Pertandingan babak final kejuaraan e-sports Piala Presiden 2019 antara PSG.RRQ vs ROC Bali di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (30/3/2019).

Hasil simposium, bakal dijadikan bahan telaah terhadap e-sports.

Tak hanya itu, hasil simposium bisa menjadi pertimbangan pengambilan kebijakan terhadap pengembangan keolahragaan.

Kajian pada simposium ini juga diharapkan dapat merumuskan analisa dampak positif dan negatif e-sports.

Hasil simposium juga diharapkan mampu menjawab keresahan dan opini masyarakat yang selama ini masih menimbulkan pro dan kontra terhadap kompetisi video game ini.

Pertandingan babak final kejuaraan e-sports Piala Presiden 2019 antara PSG.RRQ vs ROC Bali di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (30/3/2019).Kompas.com/Alsadad Rudi Pertandingan babak final kejuaraan e-sports Piala Presiden 2019 antara PSG.RRQ vs ROC Bali di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (30/3/2019).

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X