Manajer Madura United Kritik Dominasi Pemain Naturalisasi di Timnas

Kompas.com - 04/09/2019, 05:21 WIB
Manajer Madura United, Haruna Soemitro. KOMPAS.com/SUCI RAHAYUManajer Madura United, Haruna Soemitro.

 

SURABAYA, KOMPAS.com - Manajer Madura United, Haruna Soemitro, memberikan kritik kepada pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemeny, jelang laga Indonesia versus Malaysia dalam kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.

Pasalnya, mantan pelatih Bhayangkara FC tersebut memanggil banyak pemain naturalisasi daripada pemain asli Indonesia.

“Timnas Indonesia ini adalah orang Indonesia asli jangan ambil naturalisasi untuk memotong tanggung jawab dia sebagai pelatih," ucapnya.

"Naturalisasi memang WNI (Warga negara Indonesia) betul tetapi dia mesti harus memperhatikan orang yang asli Indonesia.”

Baca juga: Meski Sudah Dicoret, Dutra Tetap Kembali ke Timnas Usai Bela Persebaya

Seperti diketahui, Timnas Indonesia pada awalnya memanggil tujuh pemain naturalisasi.

Mereka adalah Otavio Dutra, Victor Igbonefo, Greg Nwokolo, Stefano Lilipaly, Irfan Bachdim, Beto Goncalves dan Osas Saha.

Namun dua pemain, Dutra dan Greg, dipulangkan. Dutra belum mengantongi paspor Indonesia sedangkan kondisi Greg kurang fit.

Dengan demikian, saat ini total ada 5 pemain naturalisasi di Timnas.

Hanura mengkritik sikap Simon yang seperti menyamakan Timnas Filipina dengan Timnas Indonesia yang mengumpulkan banyak pemain naturalisasi.

Bekas manajer Persebaya Surabaya ini menilai kondisi sepak bola Indonesia dengan Filipina berbeda karena roda kompetisi yang berjalan lebih bagus.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X