Cerita Pasangan Lifter Indonesia yang Kini Bina Bibit Atlet di Daerah

Kompas.com - 01/09/2019, 18:30 WIB
Pasangan lifter Indonesia, Prapti Tri Setiawati dan Mohammad Reynaldi Saenal (dua dari kiri) bersama anak dan atlet binaan mereka, Georgia Sidney. KOMPAS.com/TRI INDRIAWATIPasangan lifter Indonesia, Prapti Tri Setiawati dan Mohammad Reynaldi Saenal (dua dari kiri) bersama anak dan atlet binaan mereka, Georgia Sidney.

KOMPAS.com - Selepas pensiun bertanding, Frapti Tri Setiawati kini menyandang tugas yang tidak mudah.

Mantan atlet besi andalan Jawa Timur itu berjuang menjaring dan membina bibit-bibit lifter di Kabupaten Ngawi.

Bersama suaminya yang juga atlet angkat besi, Muhammad Reynaldi Saenal, ibu dari dua anak itu memoles lifter-lifter usia dini di klub Heroes Ngawi.

Frapti pun gembira ketika melihat salah satu atlet didikannya, Georgia Sidney, sukses meraih tiga keping medali perak pada penampilan pertamanya di kejuaraan internasional.

Georgia menyabet medali perak di kelas 40+ kg preyouth putri pada The 2nd Indonesia International Weightlifting Championships yang digelar di GOR Tri Lomba Juang, Semarang, Sabtu (31/8/2019).

"Georgia baru 10 bulan berlatih angkat besi. Ini kejuaraan pertama yang dia ikuti. Jadi, hasil ini cukup bagus," kata Frapti saat berbincang dengan Kompas.com di GOR Tri Lomba Juang, Minggu (1/9/2019).

"Kami mengirim dua atlet ke sini, Georgia dan Agoestine Rachmat. Namun, Agoestine belum bisa maksimal, dia memang baru satu bulan latihan," ujar dia menambahkan.

Frapti mulai melatih di klub Heroes Ngawi pada awal tahun 2019 ini. Kini, klub tersebut telah menjaring tujuh atlet usia dini untuk dibina.

Baca juga: Juara di Indonesia, Atlet Angkat Besi Malaysia Ingin seperti Eko Yuli

Peraih medali perak di Kejuaraan Angkat Besi Asia pada 2001 itu menuturkan, menjaring bibit-bibit atlet di daerah bukanlah perkara mudah. 

"Di daerah, angkat besi kan belum populer ya, jadi tantangannya adalah bagaimana kami mengenalkan olahraga ini ke anak-anak," ujar Frapti.

"Setelah itu, tentu kami harus menjaga semangat anak-anak ini agar tidak bosan, agar mau terus berlatih, agar terus menyenangi olahraga ini," kata dia lagi.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X