Drawing Liga Champions, Real Madrid Tak Masuk Unggulan Pertama

Kompas.com - 29/08/2019, 09:40 WIB
James Milner dan Jorginho berebut bola pada pertandingan Liverpool vs Chelsea dalam laga Piala Super Eropa 2019 di Istanbul, 14 Agustus 2019. AFP/OZAN KOSEJames Milner dan Jorginho berebut bola pada pertandingan Liverpool vs Chelsea dalam laga Piala Super Eropa 2019 di Istanbul, 14 Agustus 2019.

KOMPAS.com - Ada hal menarik berkaitan dengan undian fase grup alias drawing Liga Champions musim 2019-2020. 

Real Madrid sebagai kampiun Liga Champions tersering dan saat ini menjadi peringkat pertama ranking UEFA tak masuk sebagai unggulan utama dalam undian kali ini. 

Bagaimana bisa? Hal itu tak lepas dari aturan UEFA berkaitan dengan pembagian pot drawing Liga Champions. 

Jelang undian Liga Champions, UEFA membagi 32 peserta fase gugur ke pot-pot yang berkaitan dengan peringkat klub. 

Baca juga: Jadwal Drawing dan Pembagian Pot Undian Liga Champions 2019-2020

Juara 13 kali Liga Champions, Real Madrid, adalah klub dengan koefisien UEFA tertinggi, 146.00. 

Akan tetapi, nilai setinggi itu tak cukup untuk membuat klub berjulukan Los Blancos tersebut berada di Pot 1 alias unggulan utama dalam undian Liga Champions. 

Apa penyebabnya? Real Madrid bukanlah juara kompetisi antarklub Eropa atau kampiun dari liga domestik di bawah naungan UEFA. 

Asosiasi Sepak Bola Eropa itu membuat aturan bahwa Pot 1 undian Liga Champions berisikan 6 kampiun liga domestik plus juara bertahan dan juara Liga Europa. 

Baca juga: Hal yang Perlu Anda Ketahui soal Drawing Liga Champions 2019-2020

Liverpool dan Chelsea memenuhi syarat kedua dari aturan tersebut sehingga akan berada di Pot 1 dalam drawing Liga Champions. 

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X