Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/08/2019, 16:00 WIB
Josephus Primus

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Hingga akhir 2019, olahraga paralayang masih punya sedikitnya tiga seri berikut kejuaraan bertaraf internasional, Trip of Indonesia (TroI).

Baca juga: Ambisi Wonosobo Jadi Tuan Rumah Paralayang Kelas Dunia

Catatan yang dikumpulkan Kompas.com, salah satunya dari laman antaranews.com menunjukkan, setelah Seri II Wonosobo pada akhir Juli 2019, ada lanjutan Seri III di Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Pasangan pengantin baru Stevie (kanan) dan Gaby menjajal tandem paralayang di Desa Kutuh Nusa Dua Bali, Minggu (16/6/2019).  Aktivitas ini merupakan perayaan pernikahan mereka yang dilangsungkan sehari sebelumnya.AGUS SUPARTO Pasangan pengantin baru Stevie (kanan) dan Gaby menjajal tandem paralayang di Desa Kutuh Nusa Dua Bali, Minggu (16/6/2019). Aktivitas ini merupakan perayaan pernikahan mereka yang dilangsungkan sehari sebelumnya.

Lantas ada Seri IV di Modangan, Jawa Timur.

Kemudian, ada Seri V di Dharmasraya, Sumatera Barat.

Wisata paralayang di Sumedang, Jawa Barat.Dok. Get Subandono Wisata paralayang di Sumedang, Jawa Barat.

Baca juga: Paralayang Berkembang ke Timur Indonesia, Ini 2 Lokasi Teranyar

Daya tarik

Salah satu pecinta olah raga Paralayang ketika latihan di bukit Tunggangan yang berada di kecamatan Durenan kabupaten Trenggalek Jawa Timur (15/08/2019)SLAMET WIDODO Salah satu pecinta olah raga Paralayang ketika latihan di bukit Tunggangan yang berada di kecamatan Durenan kabupaten Trenggalek Jawa Timur (15/08/2019)

Belajar dari penyelenggaraan di Wonosobo, TroI Seri II menjadi momentum agar olahraga paralayang menjadi olahraga dengan daya tarik bagi kalangan pelaku olahraga dan wisatawan.

Hingga kini, di lokasi paralayang Bukit Kekep, Desa Lengkong, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, pemerintah setempat masih berbenah.

Ada pembangunan gedung permanen multifungsi.

Ada juga pekerjaan perluasan lapangan pendaratan, di situ.

Pada sejumlah area kecil di bukit ada pekerjaan perataan tanah.

Tujuannya untuk mengakomodasikan kehadiran penonton agar tidak terlalu dekat dengan titik darat atlet.

Akses jalan juga dibenahi agar mobilitas pengunjung lebih mudah.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Wonosobo One Andang mengatakan bahwa lokasi TroI bakal makin dikenal dunia.

Empat pilar

Pada diskusi bertema Revolusi Industri 4.0, hadir sebagai pembicara mantan Menteri Kelautan dan Perikanan 2001-2004 Rokhmin Dahuri (berdiri, berkacamata).Teman Juara Pada diskusi bertema Revolusi Industri 4.0, hadir sebagai pembicara mantan Menteri Kelautan dan Perikanan 2001-2004 Rokhmin Dahuri (berdiri, berkacamata).

Terkait dengan pengelola lokasi wisata olahraga yang bisa menjadi daya tarik wisatawan, mantan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh (2010-2014) Reza Pahlevi mengingatkan pentingnya empat pilar pengelolaan sebagaimana menjadi salah satu prioritas kerja Kementerian Pariwisata.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com