Hindari Israel, Iran Boikot Kejuaraan Dunia Judo

Kompas.com - 26/08/2019, 00:28 WIB
Arash Mireshmaeilli Arash Mireshmaeilli

 

TEHERAN, Kompas.com - Para atlet judo Iran tidak akan berpartisipasi pada kejuaraan dunia judo di Tokyo pekan depan, meski komite olimpik negara tersebut telah berjanji tidak akan mencampuradukkan politik dan olahraga.

Pada Mei lalu, federasi judo internasional (IJF) menyebut bahwa pihak Iran telah menyatakan tidak akan melakukan boikot terhadap negara mana pun. Namun keputusan pekan ini mneunjukkan hal ini tidak berlaku untuk atlet-atlet Israel.

IJF dalam pernyataan tertulis menyebut pihak Iran memberikan komitmen tersebut setelah adanya serangkaian gugatan terhadap alasan cedera yang selalu diajukan atlet Iran setiapkali mereka harus bertemu dengan lawan yang selama ini mereka hindari karena alasan politis, termasuk Israel.

Kasus paling terkenal adalah saat juara dunia dua kali asal Iran, Arash Miresmaeilli beralasan kelebihan berat badan yang menyebabkannya terkena diskualifikasi saat akan berhadapan dengan atlet Israel pada Olimpiade 2004 di Athena, Yunani.

Kejuaraan dunia judo 2019 akan berlangsung di Nippon Budokan, Tokyo pada 25 Agustus hingga 1 September 2019.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X