MotoGP Inggris 2019, Rossi Komentari Penalti yang Menimpanya di FP2

Kompas.com - 25/08/2019, 14:34 WIB
Valentino Rossi berswafot bersama juara dunia MotoGP enam kali Jim Redman dalam konferensi pers kualifikasi GP Silverstone Inggris MotoGPValentino Rossi berswafot bersama juara dunia MotoGP enam kali Jim Redman dalam konferensi pers kualifikasi GP Silverstone Inggris

KOMPAS.com - Pebalap Yamaha, Valentino Rossi, hampir gagal meraih posisi kedua pada sesi kualifikasi MotoGP Inggris 2019 andai penalti yang menimpanya di sesi latihan bebas tidak dibatalkan. 

Sebelumnya, Rossi mencatatkan waktu terbaik 1 menit 59,765 detik pada sesi latihan bebas kedua di Sirkuit Silverstone, Inggris, Jumat (23/8/2019).

Dengan hasil itu, Rossi semestinya bisa mengamankan posisi di 10 besar untuk waktu gabungan latihan bebas.

Namun, saat itu, FIM Stewart memberikan penalti kepada Rossi karena sang pebalap keluar batas dari trek saat di tikungan Chapel (tikungan 6).

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP, Marquez Start Pertama, Rossi Kedua

Pebalap lain yang mendapat hukuman serupa adalah Fabio Quartararo dan Takaaki Nakagami. Kedua pebalap itu juga melewati garis pembatas berwarna putih di tikungan yang sama.

Beruntung bagi ketiga pebalap karena tidak berselang lama setelah FP2 berakhir, steward memutuskan untuk membatalkan penalti dan mengembalikan waktu lap masing-masing pebalap.

Rossi pun kembali ke posisi keempat. Adapun Quartararo naik menjadi pebalap tercepat di FP2 MotoGP Inggris dengan catatan waktu 1 menit 59,476 detik.

Dalam pengakuannya, Valentino Rossi terkejut dengan hukuman dari steward itu karena tidak merasa melewati batas saat melewati tikungan 6.

Baca juga: Quartararo Pecahkan Rekor Marquez di MotoGP Inggris

"Motornya tidak terasa seperti ketika melewati area hijau, biasanya Anda menyadarinya, seperti yang saya alami di GP Belanda,” kata Rossi dilansir Kompas.com dari Motorsport.

Pebalap berjuluk The Doctor itu berpendapat bahwa pengaturan garis pembatas itu tidak ideal karena garis putih berakhir tiba-tiba.

"Jika dapat memperpanjang garis putih itu, mungkin akan lebih mudah bagi steward untuk tidak terus-terusan mengecek apakah kami melewati garis hijau atau tidak," tutur Rossi.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X