Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditinggal 3 Pemain ke Timnas, RD Akui Tira-Persikabo Sempat Dilematis

Kompas.com - 25/08/2019, 10:20 WIB
Hamzah Arfah,
Tri Indriawati

Tim Redaksi

LAMONGAN, KOMPAS.com - Pelatih PS Tira-Persikabo, Rahmad Darmawan, mengakui, pihaknya sempat berada dalam posisi dilematis untuk melepas tiga pemain yang mendapatkan panggilan dari Timnas Indonesia.

Ketiga pemain PS Tira-Persikabo yang harus membela timnas adalah Osas Saha, Manahati Lestussen, dan Angga Saputra.

Mereka telah bergabung dengan pemusatan latihan Timnas Indonesia di bawah asuhan Simon McMenemy untuk persiapan menghadapi kualifikasi Piala Dunia 2022.

 

Meski akhirnya rela melepaskan ketiga pemain itu ke timnas, Rahmad Darmawan mengakui bahwa Tira-Persikabo sempat merasa ragu. Sebab, pemusatan latihan timnas digelar saat kompetisi Liga 1 2019 masih berjalan.

Tira-Persikabo bakal melanjutkan kiprah mereka untuk memperebutkan posisi pemuncak klasemen Liga 1 musim ini dengan menghadapi Persela Lamongan di Stadion Surajaya, Minggu (25/8/2019) malam.

Baca juga: Jadwal Liga 1 2019, Persib dan PS Tira Persikabo Main Hari Ini

"Memang dilema ya. Tetapi sulit juga untuk kami mengatakan tidak, karena di Indonesia ini sensitif sekali," ujar pelatih berinisial RD itu dalam jumpa pers sebelum laga melawan Persela, Sabtu (24/8/2019.

"Walaupun ini masa persiapan di luar FIFA matchday sebenarnya, tetapi kalau kami tidak memberi pemain semua pasti, publik, netizen, akan menganggap anasionalis dan sebagainya," kata dia menambahkan.

"Tapi kami enggak seperti itu. Ini juga kesempatan bagi kami untuk memberi pemain kami untuk tim nasional, ya sudahlah kami rela untuk ke sana (Timnas Indonesia)," ucap RD lagi.

RD juga sempat menerangkan kejadian sewaktu pihaknya masih enggan melepas Angga Saputra memenuhi panggilan Timnas Indonesia. Sebab, stok kiper Tira-Persikabo yang hanya menyisakan Teguh Amiruddin dalam skuad.

Baca juga: Nil Maizar Bicara Peluang Hambali Dimainkan Lawan Tira-Persikabo

"Kalau kemarin kami sempat bargaining saat satu penjaga gawang kami (Angga Saputra) dipanggil, karena jujur kami sampai berangkat kemarin itu hanya punya satu goal keeper," kata RD.

"Tapi untung satu goal keeper untuk Piala Panglima ini diizinkan bergabung dengan kami."

"Jadi, kami juga berterima kasih untuk bapak KSAD dan Panglima Kostrad, yang sudah memberikan izin kepada pemain ini untuk gabung lagi dengan kami. Itu saja, yang lain tidak masalah, mudah-mudahan mereka bisa bermain dengan baik untuk timnas," tutur dia.

Ketika dikonfirmasi lebih lanjut mengenai pengaruh absennya Osas Saha, Manahati, dan Angga, dalam laga kontra Persela nantinya, RD menyatakan optimistis para pemain pengganti yang disiapkan bakal tampil sesuai ekspektasi.

"Saya tidak tahu. Tapi mudah-mudahan tidak berpengaruh, karena saya sangat percaya dengan kemampuan para pemain saya," ucap dia.

Selain ketiga pemain yang dipanggil bergabung dalam pemusatan latihan Timnas Indonesia, Tira-Persikabo juga belum dapat memainkan Dimas Drajat dan Ahmad Noviandani karena belum sembuh dari cedera.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com