Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Legenda Spanyol Sebut Messi Tidak Bisa Jadi Pemain Terbaik di Dunia

Kompas.com - 21/08/2019, 18:00 WIB
Mochamad Sadheli ,
Tri Indriawati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Salah satu legenda sepak bola Spanyol dan Real Madrid, Jose Antonio Camacho, memberi kritikan pedas kepada Lionel Messi soal pemain terbaik di dunia.

Menurutnya, kapten Timnas Argentina itu belum bisa dibilang pemain terbaik sebelum memberikan gelar Piala Dunia kepada negaranya.

"Dia (Lionel Messi) adalah seorang pemain yang sangat hebat, tetapi tidak bisa disebut terbaik di dunia ataupun sejarah jika Anda adalah orang Argentina dan tidak memenangi Piala Dunia," ujar Camacho dalam sesi wawancara dengan ABC di Spanyol.

Messi memang telah banyak meraih trofi bergengsi bersama klubnya, Barcelona, serta gelar individu yang mentereng, seperti Ballon d'Or sebanyak lima kali.

Baca juga: Lionel Messi Tak Dibawa Saat Argentina Gelar Laga Uji Coba

Striker berjuluk La Pulga itu sukses membawa Barcelona dominan di Spanyol selama bertahun-tahun. Dia menyumbangkan 693 gol dan 242 assist dalam 687 penampilan bersama Barcelona.

Meski demikian, Camacho menilai prestasi Messi belumlah lengkap jika tak berhasil mengantarkan Argentina menjadi juara Piala Dunia.

Sebab, menurut Camacho, warisan gelar juara Piala Dunia adalah penting bagi pemain terbaik dalam sejarah.

"Ada negara-negara dengan lebih sedikit dalam kaitannya dengan sepak bola di dunia, di mana juara Piala Dunia bukanlah pencapaian terbesar. Akan tetapi, Argentina memiliki kekuatan untuk itu. Tanpa gelar Piala Dunia dari Messi, Anda tidak bisa menjadi yang terbaik," ujar dia.

Meski demikian, Camacho tidak melihat sebelah mata talenta pemain bernomor punggung 10 di Barcelona maupun Timnas Argentina itu.

Baca juga: Strategi Messi Gagalkan Rencana Madrid Rekrut Neymar

"Dia (Lionel Messi) bisa mempengaruhi permainan kapan saja," puji Camacho.

Selama di Barcelona, Messi telah merengkuh empat gelar Liga Champions, 10 trofi Liga Spanyol, enam titel Copa Del Rey, dan delapan kali juara Piala Super Spanyol.

Berbeda dengan ketika berkostum Timnas Argentina, Messi hanya mampu mempersembahkan medali emas Olimpiade pada tahun 2008.

Sejak 1993, Argentina tidak pernah memenangi gelar Copa America maupun Piala Dunia sejak 1986.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com