FIFA Tolak Rencana PSSI Gelar Kongres Pemilihan pada November 2019

Kompas.com - 11/08/2019, 07:05 WIB
Logo FIFA di markas induk organisasi sepak bola dunia di Swiss. Foto diambil pada 10 Januari 2017. AFP/MICHAEL BUHOLZERLogo FIFA di markas induk organisasi sepak bola dunia di Swiss. Foto diambil pada 10 Januari 2017.
|

KOMPAS.COM - Keinginan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia ( PSSI) untuk menggelar kongres tahunan dengan agenda pemilihan komite eksekutif pada 2 November 2019, ditolak oleh FIFA

FIFA melalui surat resmi tanggal 7 Agustus 2019 secara resmi menolak permohonan PSSI yang ingin menggelar kongres dengan jadwal lebih cepat dari kesepakatan sebelumnya.

Awalnya, kongres untuk memilih Exco baru digelar pada Januari 2020. 

Namun melalui Kongres Luar Biasa (KLB) pada tanggal 27 Juli 2019 lalu, ada usulan agar kongres pemilihan Exco dipercepat menjadi 2 November 2019.

Ternyata, hal itu mendapatkan penolakan dari FIFA.

Melalui surat resmi tanggal 7 Agustus 2019 yang ditandatangani langsung oleh Sekretaris Jenderal FIFA, Fatma Samoura, dan ditujukan kepada Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria, FIFA merekomendasikan bahwa kongres PSSI tetap diselenggarakan sesuai kesepakatan awal, yakni pada Januari 2020.

Baca juga: 5 Fakta Menarik Laga West Ham Vs Manchester City

“Sebetulnya, statuta baru, serta kode pemilihan dan terbentuknya komite pemilihan ditujukan ke kongres pemilihan komite eksekutif baru PSSI yang diagendakan untuk digelar di kongres biasa PSSI pada Januari 2020."

"Roadmap ini sudah diajukan FIFA dan AFC dalam surat kami pada 24 April 2019, dan disetujui PSSI melalui surat tertanggal 1 Mei 2019.”

"Namun, kami mencatat komite eksekutif PSSI menggelar pertemuan darurat pada 27 Juli 2019, dan memutuskan untuk mempercepat kongres pemilihan menjadi 2 November 2019. Sekarang, Anda meminta masukkan dari kami terkait masalah ini.”

“Kami sangat merekomendasikan agar PSSI tetap mengacu kepada rancangan yang sudah disepakati, dan menggelar kongres sesuai rencana pada Januari 2020, kecuali ada alasan yang membuat kongres digelar lebih cepat, dan itu tidak tercantum pada surat Anda."

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X