Stand Up Paddle dan Kayak Jadi "Sport Tourism" Andalan Indonesia

Kompas.com - 10/08/2019, 16:40 WIB
Para juara Belitong Geopark International Stand Up Paddle and Kayak Marathon (BGISKM) 2019. Dok. BGISKMPara juara Belitong Geopark International Stand Up Paddle and Kayak Marathon (BGISKM) 2019.

KOMPAS.com - Cabang olahraga stand up paddle dan kayak tampaknya mulai menjadi andalan di bidang sport tourism (olahraga wisata) di Indonesia.

Hal itu terbukti melalui suksesnya ajang Belitong Geopark International Stand Up Paddle and Kayak Marathon (BGISKM) 2019 di Pantai Tanjung Kelayang, Belitung, akhir pekan lalu.

Menurut Ketua Penyelenggara BGISKM 2019, Heriyanto, ajang ini menjadi upaya memajukan wisata olahraga di Indonesia.

Baca juga: Legenda Liverpool Jagokan Manchester City Juara Liga Inggris 2019-2020

"Tidak ada alasan bagi Indonesia untuk tidak berjuang memajukan wisata olahraga maritimnya karena memiliki garis pantai yang sangat panjang."

"Bangsa ini memiliki keindahan spot alam dan wisata maritim yang luar biasa dan tidak ada di belahan dunia mana pun," kata Heriyanto saat evaluasi di Jakarta, Jumat (9/8/2019).

BGISKM 2019 diikuti oleh sekitar 150 atlet dayung dan kayak dari berbagai negara dunia.

Negara yang berpartisipasi di antaranya Malaysia, Singapura, Kanada, Italia, Korea, Amerika, Selandia Baru, dan tentunya Indonesia.

Sport tourism dinilai menjadi salah satu sektor dengan pertumbuhan cepat di Indonesia.

Stand up paddle dan kayak pun menjadi aktivitas olahraga bahari yang semakin populer di dunia.

Indonesia diharapkan bisa menggelar berbagai ajang berskala internasional lainnya untuk mempercepat pertumbuhan sport tourism.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
komentar di artikel lainnya
Close Ads X