Langkah Awal Wujudkan Mimpi Indonesia Ikut Piala Dunia

Kompas.com - 01/08/2019, 07:39 WIB
Skuad Garuda Select saat berfoto jelang laga melawan Chelsea U-16 di Lapangan Akademi Chelsea, Cobham Training Centre, London, Inggris. pada Sabtu (11/5/2019). KOMPAS.com/Eris Eka JayaSkuad Garuda Select saat berfoto jelang laga melawan Chelsea U-16 di Lapangan Akademi Chelsea, Cobham Training Centre, London, Inggris. pada Sabtu (11/5/2019).

KOMPAS.com - Indonesia pernah mengukir sejarah sebagai negara pertama dari Asia yang tampil pada Piala Dunia. Kisah itu lahir pada tahun 1938 atau edisi ketiga Piala Dunia yag berlangsung di Perancis.

Namun, ketika itu nama yang digunakan adalah Dutch East Indies alias Hindia Belanda.

Jatah itu diambil setelah Jepang, yang menjadi lawan pada kualifikasi menuju putaran final, mengundurkan diri.

Sayang, Hindia Belanda tak bisa melangkah jauh dalam turnamen yang kala itu hanya diikuti 16 negara dan menggunakan sistem gugur.

Mereka langsung tersungkur pada babak pertama karena kalah 0-6 dari Hungaria, yang akhirnya menjadi finalis (kalah 2-4 dari Italia pada partai final).

Sejak kekalahan di Reims, Perancis, tersebut, Timnas Indonesia tak pernah lagi melangkah ke putaran final Piala Dunia.

Wajar jika segenap pecinta sepak bola di Tanah Air sangaat mendambakan tim Garuda kembali berkiprah dalam turnamen empat tahunan paling akbar di muka bumi tersebut.

Baca Juga: Pencarian Bibit untuk Garuda Select II Usai, 24 Nama Segera Diumumkan

Namun, bukan perkara mudah untuk bisa meraih tiket ke ajang tersebut. Pasukan Merah-putih harus melalui perjalanan panjang pada babak kualifikasi melawan negara-negara kuat di kawasan Asia.

Fakta membuktikan, Timnas Indonesia tak pernah bisa melewati rintangan tersebut.

Pasukan Garuda selalu tersingkir pada babak kualifikasi zona Asia karena disingkirkan negara-negara kuat di Benua Kuning ini seperti Korea Selatan.

Jangankan mimpi untuk mengikuti Piala Dunia. Di level Asia pun Indonesia tak "bersuara".

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X