BOPI Akan Panggil PT LIB Guna Evaluasi Pelaksanaan Liga 1

Kompas.com - 30/07/2019, 19:20 WIB
Ketua Umum Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) Richard Sambera di Kantor Kemenpora, Jakarta, Rabu (13/2/2019). Kompas.com/Alsadad RudiKetua Umum Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) Richard Sambera di Kantor Kemenpora, Jakarta, Rabu (13/2/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kompetisi sepak bola tertinggi Indonesia, Liga 1, hampir berjalan tiga bulan.

Oleh sebab itu, Badan Olahraga Profesional Indonesia ( BOPI) akan memanggil PT Liga Indonesia Baru (LIB), selaku operator Liga 1 2019, untuk mengevaluasi pelaksaan kompetisi tersebut.

Ketua Umum BOPI, Richard Sam Bera, mengatakan akan ada banyak hal yang dibicarakan BOPI kepada PT LIB.

Baca juga: Persib Bandung Telah Kehilangan 10 Poin Kandang di Liga 1 2019

"Mulai dari manajemen pelaksanaan pertandingan, kualitas wasit, sikap suporter dan lain-lain," kata Rhicard, di Jakarta, Selasa (30/7/2019).

Richard menjelaskan, saat memberikan rekomendasi bergulirnya Liga Indonesia, pihaknya akan melakukan evaluasi setidaknya setiap tiga bulan sekali, untuk gelaran Liga 1 dan Liga 2.

Ketua Umum BOPI, Richard Sam Bera saat bertemu dengan Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria di Wisma Kemenpora, Jakarta, Jumat (22/2/2019).Kompas.com/Alsadad Rudi Ketua Umum BOPI, Richard Sam Bera saat bertemu dengan Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria di Wisma Kemenpora, Jakarta, Jumat (22/2/2019).

Hal tersebut bertujuan untuk menghindari peristiwa-peristiwa yang tidak diinginkan.

Kasus terbaru contohnya, saat kericuhan seusai laga Persela Lamongan vs Borneo FC di Stadion Surajaya, Lamongan, Senin (29/7/2019).

Catatan lain adalah terkait padatnya jadwal pertandingan, jarak pertandingan ke pertandingan yang sangat dekat, dan tingginya tensi antar suporter.

Baca juga: Jadwal Liga 1 dan Link Live Streaming, Arema FC Vs Persib Bandung

Seperti diketahui, pada laga pembuka Liga 1 2019 di Stadion Maguwoharjo, Sleman (15/5/2019), antara PSS Sleman dan Arema FC, terjadi kericuhan karena tingginya tensi antar suporter.

“Beberapa catatan itu akan kami sampaikan kepada PT LIB selaku operator Liga, demi evaluasi dan perbaikan pada dua pertiga sisa kompetisi musim ini,” ucap Richard.

Di luar Liga 1, BOPI juga memberi catatan khusus atas ditundanya final kedua Piala Indonesia yang seharusnya berlangsung di Makassar, 28 Juli 2019 lalu.

“Kami berharap PSSI menjelaskan situasi yang terjadi dan memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan terselenggaranya Final pada pertandingan tunda pekan depan,” tutur Richard.

Pertemuan dengan PT LIB dan PSSI diagendakan berlangsung di kantor BOPI selambatnya pada awal Agustus ini.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X