Kisah "Dukun" di Balik Kesuksesan PS Tira Persikabo di Liga 1 2019

Kompas.com - 27/07/2019, 17:18 WIB
Media Officer Tira Persikabo, Nandang Permana. DOK. PRIBADI NANDANG PERMANAMedia Officer Tira Persikabo, Nandang Permana.

KOMPAS.com - Belakangan ini, muncul perbincangan ringan di media sosial bahwa PS Tira Persikabo bisa tampil impresif pada Liga 1 2019 berkat cara-cara negatif.

Cara-cara negatif yang dimaksud bukanlah pengaturan skor atau mafia sepak bola, melainkan menggunakan bantuan paranormal alias dukun.

Saat ini, Tira Persikabo memang sedang memuncaki klasemen sementara Liga 1 2019 dengan catatan tak terkalahkan dari 11 pertandingan.

Di media sosial, para netizen mengaku melihat sosok pria berbelangkon hitam yang kerap berada di belakang gawang setiap Tira Persikabo bertanding.

Baca juga: Tira Persikabo Puncaki Klasemen Liga 1, Ada Dukun di Belakang Tim

Pria berbelangkon itulah yang diyakini sebagai dukun Tira Persikabo untuk meraih kemenangan.

Padahal, kenyataannya, pria itu adalah Media Officer Tira Persikabo yang bernama Nandang Permana Sidik.

Nandang hadir dalam setiap laga Tira Persikabo karena itu sudah menjadi tugasnya untuk mendampingi tim sebagai pegawai media internal klub.

Saat ditanya mengapa kerap terlihat di belakang gawang, Nandang mengaku bahwa itu merupakan salah satu tempat kerjanya selain di tribune wartawan.

"Keberadaan saya di belakang gawang itu memang salah satu tempat kerja saya selain di tribune wartawan dan area tengah bersama wasit cadangan," ucap Nandang kepada Kompas.com, Sabtu (27/7/2019) sore.

Disangka "dukunnya"  Tira Persikabo, Nandang tak lantas tersinggung atau marah kepada para netizen.

Pria berdarah Sunda asal Tasikmalaya, Jawa Barat, itu menilai pembahasan di luar lapangan seperti yang dialaminya saat ini adalah hal lumrah dalam sepak bola.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terpopuler

komentar di artikel lainnya
Close Ads X