F1 Vietnam, Gambar Sirkuit Jalan Raya Hanoi Dirilis

Kompas.com - 23/07/2019, 14:02 WIB
Gambar rancangan sirkuit jalanan di Hanoi, Vietnam yang akan mulai menjadi lokasi penyelenggaraan balap Formula 1 pada 2020 mendatang. www.grandprixnews.comGambar rancangan sirkuit jalanan di Hanoi, Vietnam yang akan mulai menjadi lokasi penyelenggaraan balap Formula 1 pada 2020 mendatang.

KOMPAS.com - Formula 1 merilis gambar sirkuit jalan raya Hanoi yang nantinya dipakai sebagai salah satu tuan rumah kalender 2020.

Vietnam termasuk satu dari dua tambahan seri baru pada kalender 2020. Satu sirkuit lainnya adalah Zandvoort di Belanda.

Melalui akun Instagramnya, F1 merilis gambar-gambar suasana saat berlangsungnya balapan F1 Grand Prix Vietnam, Senin (22/7/2019).

Baca juga: F1 Vietnam, Sirkuit Jalanan Hanoi Janjikan Banyak Aksi Salip Menyalip

Pengerjaan sirkuit sudah dimulai pada awal tahun 2019 dengan melibatkan perancang sirkuit ternama, Herman Tilke.

Pekerjaan dimulai dari bagian yang dibangun khusus, seperti komplek pit dan paddock.

Vietnam akan menjadi seri sirkuit jalan raya di F1, setelah Monako, Singapura, dan Azerbaijan.

Khusus di Asia Tenggara, Vietnam jadi negara ketiga yang pernah menghelat F1, setelah Singapura dan Malaysia. Nama terakhir tak lagi menghelat F1 sejak 2018 lalu.

Berlokasi di distrik Nam Tu Liem, sekitar 20 menit dari pusat kota, sirkuit jalanan Hanoi dibangun dengan mengambil 2/3 persen jalan raya eksisting.

Sementara itu, bagian-bagian sirkuit yang terdiri dari tikungan-tikungan berkecepatan tinggi, dan trek lurus start-finis akan dibangun dari awal.

"Ada kolaborasi erat antara tim di Formula 1 dengan para panitia di Hanoi dalam mendesain sirkuit," kata Managing Director Tilke selaku perancang sirkuit, Carsten Tilke kepada F1 Racing.

Baca juga: Sirkuit MotoGP Lombok Dibandingkan dengan Trek Bahaya Isle of Man

Sirkuit jalanan Hanoi memiliki tiga trek lurus panjang, dua di antaranya dihubungkan dengan sebuah bundaran.

Trek lurus terpanjang memiliki jarak mencapai sekitar 1,5 kilometer.

Desain sirkuit jalanan Hanoi dibuat untuk menghadirkan sebanyak mungkin aksi saling menyalip sehingga dinilai lebih menyerupai sirkuit jalanan Baku (Azerbaijan) ketimbang Monako.

Meski kalander F1 2020 belum diumumkan, pembangunan sirkuit jalanan Hanoi ditargetkan sudah rampung saat musim baru dimulai awal tahun depan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber The Sun
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X