Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Liga Berjenjang U-16 untuk Percepat Pertumbuihan Sepakbola Nasional

Kompas.com - 21/07/2019, 23:03 WIB
Tjahjo Sasongko

Penulis

ROKAN HULU, Kompas.com - Riau menggelar kompetisi Liga Berjenjang U-16 Piala Menpora 2019. Salahsatu program Kemenpora tersebut, secara resmi dibuka oleh Gubernur Riau, H. Syamsuar di lapangan Sepak Bola Fajar desa Babussalam, Rokan Hulu (Rohul), Provinsi Riau, Minggu (21/7/2019).

Dalam sambutannya, Gubernur Riau menyatakan dukungannya terhdap cabang olahraga sepakbola, sebab menurutnya banyak atlet berprestasi tingkat nasional dan internasional dari Provinsi Riau,bahkan ia juga mengaku bangga karena sedikitnya ada 3 anak Riau yang berkesempatan bergabung di tim nasional, dan berkesempatan belajar sepakbola ke luar negeri.

Syamsuar juga berpesan kepada peserta Liga Berjenjang U-16 Menpora 2019 untuk tidak hanya fokus dengan sepakbola, namun juga fokus terhadap pendidikannya di sekolah, demi masa depan kelak.

Ia juga mengungkapkan, sebagai tuan rumah Liga berjenjang U- 16 Piala Menpora, tentunya menjadi pembuktian bahwa Pemkab Rohul mendukung dan mensupport liga berjenjang U-16 Piala Menpora.

"Kita sangat menyambut baik dan mendukung penuh penyelenggaraan Liga Berjenjang U-16 Piala Menpora tahun 2019. Ajang ini merupakan kesempatan emas bagi para pesepakbola muda kita untuk ikut berkompetisi sekaligus dalam upaya memasyarakatkan dan memajukan olahraga sepakbola di Rohul," ucapnya.

"Dengan digelarnya Liga berjenjang U-16 Piala Menpora maka dapat menjaring bibit unggul atlet sepak bola dari Rohul yang nantinya bisa ikut di Liga Nasional," tambah Bupati Sukiman.

Lebih lanjut ia mengatakan jika lapangan yang digunakan pada perhelatan Liga Berjenjang U-16 Piala Menpora 2019, yakni, Lapangan H Agus Salim Kecamatan Rambah, di tanjung Belit, serta lapangan Fajar desa Babussalam.

Pada bagiannya, Asdep Alman Hudri mengatakan ajang yang telah digelar pihaknya dalam beberapa tahun terakhir secara berkesinambungan ini, sekaligus sebagai jawaban atau reaksi cepat Kemenpora terhadap Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional. Demi peningkatan prestasi sepakbola nasional dan internasional.

"Ini menjadi tahun yang kesekian Kemenpora menggelar kompetisi bagi usia muda, mulai dari U-10, 12, 14, 16 serta mahasiswa, bahkan produk kami yang terbaru adalah kompetisi U-17 bagi Putri," ucapnya.

"Apa yang kami lakukan dalam beberapa tahun terakhir ini sekaligus sebagai jawaban atau reaksi cepat tanggap kita atas inpres tersebut, sehingga apa yang diinginkan oleh Bapak Presiden Joko Widodo melalui Inpres tersebut, akan terwujud dengan cepat," sambungnya yang juga mengimbau kepada segenap masyarakat, khususnya masyarakat sepakbola untuk sama-sama mengawal percepatan prestasi sepakbola Indonesia.

Sedangkan Yuki Candra selaku Ketua Panitia Liga Berjenjang U-16, mengatakan Liga Berjenjang U-16 Menpora ini adalah penyelanggarann tahun ke empat di mana pada tahun ini rencananya diikuti 16 tim dari 12 kabupaten/ kota se-Riau.

Ia mengakui, dari 16 tim yang rencananya berpartisipasi dari 12 kabupaten/kota di Riau 1 tim yaitu Bina Karya Afgan dari Kabupaten Indragiri Hulu mengundurkan diri karena tidak mendapatkan dana bantuan dari Pemkab Inhu. Sedangkan Kabupaten Kepulauan Meranti‎ tidak mengirimkan timnya. “Kami harapkan ke depan ini tidak terjadi lagi, kami berharap seluruh kabupaten Kota dapat mengalokasikan anggaran daerah untuk pembinaan bibit sepakbola di daerahnya,” harap Yuki

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com