Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beckham Bikin Pelatih Timnas U-19 Indonesia Jatuh Cinta

Kompas.com - 18/07/2019, 07:40 WIB
Suci Rahayu,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

SIDOARJO, KOMPAS.com - Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19 menjalani persiapan tahap akhir sebelum tampil dalam turnamen Piala AFF U-18 di Vietnam mulai awal Agustus 2019.
 
Sebanyak 26 pemain hingga saat ini masih bertahan dalam pemusatan latihan. 
 
Nantinya akan dikerucutkan lagi menjadi 23 pemain.
 
Satu nama pemain yang menarik perhatian adalah Beckham Putra Nugraha. 
 
Pemain muda milik Persib Bandung hingga saat ini masih bertahan mengikuti latihan di bawah arahan pelatih Fakhri Husaini.
 
 
 
Beckham pun menjadi satu satunya nama di Timnas U-19 yang sekarang sudah masuk ke tim senior di level Liga 1.
 
Fakhri memuji kualitas dari Beckham yang dinilai sebagai pemain muda potensial yang dimiliki oleh Timnas U-19.
 
Bahkan pelatih berusia 53 tahun ini menyebut Beckham punya syarat untuk menjadi pemain hebat.
 
"Beckham termasuk salah satu pemain muda potensial yang kita punya, dia punya syarat untuk menjadi pemain hebat tak hanya dia sebenarnya tapi juga 26 pemain yang lain juga," ucapnya.
 
Fakhri berharap Beckham mempercepat proses adaptasi di Timnas U-19 sehingga mampu menjalankan tugas dengan baik saat dipercaya tampil pada sebuah pertandingan.
 
"Khusus Beckham dengan bakat yang dia punya saya berharap dia cepat adaptasi dengan gaya kepelatihan saya dan sykur dia mampu jalankan tugasnya dengan baik," tandasnya.
 
Sebelum bergabung dengan pelatihan Timnas U-19, Fakhri Husaini pernah mengkritik sikap Beckham Putra. 
 
Saat itu, Beckham bermain untuk Persib Bandung ketika melawan Borneo FC di ajang Piala Indonesia. 
 
Fakhri pun kembali mengingatkan bahwa sebagai pelatih dirinya tak akan pernah membiarkan pemain muda menunjukkan nilai yang jauh dari sikap sportivitas.
 
 
"Saya memang tak akan pernah biarkan pemain muda menunjukkan nilai-nilai yang jauh dari sportifitas dan sekarang Beckham penampilan di lapangan sudah lebih dewasa," tuturnya.
 
Pelatih yang pernah mengantarkan Timnas U-16 juara AFF ini memahami bahwa saat memperkuat tim senior ada tensi yang lebih tinggi yang dirasakan oleh pemain muda.
 
Namun Fakhri mengingatkan bahwa seberapapun keputusan wasit merugikan tim maka protes tak boleh melebihi nilai nilai fair play.
 
"Saya memahami pemain muda main di senior kemudian dirugikan wasit tapi ini tugas pelatih mengingatkan bukan membiarkan meski tim dikerjai wasit dan itu tugas saya bukan cuma Beckham. Bagi saya pantang siapapun melanggar nilai fair play," tegasnya.
 
Kemampuan Beckham akan kembali diuji pada ujicoba Timnas U-19 melawan tiga klub di Jatim yaitu Persibo Bojonegoro, Deltras Sidoarjo dan Persekabpas Pasuruan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com