Alasan Timnas U-19 Jalani Tiga Uji Coba di Sidoarjo

Kompas.com - 17/07/2019, 17:00 WIB
Jelang ujicoba melawan Tim Liga 3 Jawa Timur, pemain Timnas U-19 Bagus Kaffa melakukan latihan di Stadion Jenggolo Sidoarjo, Jawa Timur, Rabu (17/07/2019) pagi. KOMPAS.com/SUCI RAHAYUJelang ujicoba melawan Tim Liga 3 Jawa Timur, pemain Timnas U-19 Bagus Kaffa melakukan latihan di Stadion Jenggolo Sidoarjo, Jawa Timur, Rabu (17/07/2019) pagi.
SIDOARJO, KOMPAS.com - Tim Nasional (Timnas) U-19 Indonesia saat ini melakukan persiapan untuk menghadapi Piala AFF 2019 yang akan digelar mulai awal Agustus mendatang.
 
Salah satu persiapan Timnas U-19 adalah dengan menggelar uji coba di Jawa Timur. 
 
Ada tiga lawan yang akan dihadapi Timnas U-19 untuk uji coba tersebut, yaitu Persibo Bojonegoro, Deltras Sidoarjo, dan Persekabpas Pasuruan,
 
Laga melawan Persibo Bojonegoro digelar pada Kamis (18/7/2019). Setelah itu, Timnas U-19 akan melawan Deltras Sidoarjo pada Sabtu (20/7/2019) dan Persekabpas pada Senin (22/7/2019).
 
Tiga laga uji coba Timnas U-19 Indonesia ini akan dihelat di Stadion Gelora Delta Sidoarjo.
 
Uji coba ini seolah menjadi obat rindu Timnas U-19 dengan Sidoarjo. Apalagi, komposisi tim saat ini didominasi oleh Timnas U-16 yang pernah meraih gelar juara Piala AFF U-16.
 
Hal ini juga dibenarkan oleh pelatih Timnas U-19, Fachri Husaini. Ia menyatakan bahwa uji coba ini adalah rangkaian pembukaan untuk Liga 3 regional Jawa Timur ditambah dengan persiapan Timnas U-19 menuju Piala AFF 2019.
 
 
"Saya begitu mendengar Sidoarjo akhirnya saya putuskan kami harus kembali ke sini terutama eks anak anak U-16 yang punya pengalaman berharga di sini," kata Fachri Husaini.
 
 
"Jadi, kami kembali ke Sidoarjo juga sebagai bentuk ucapan terima kasih, terutama untuk suporter di Jawa Timur yang pernah memberikan dukungan maksimal kepada kami," ucapnya.
 
"Selain itu, tiga uji coba ini juga sesuai dengan agenda kami sebelum ke Piala AFF. Jadi bisa dibilang ini pas antara program Asprov Jatim dengan kebutuhan uji coba kami," sambung Fachri.
 
Pelatih berusia 53 tahun ini tak memberikan target harus menang kepada pemain Timnas U-19 saat melakoni tiga uji coba tersebut.
 
Fachri ingin semua pemain memperlihatkan kemampuan terbaik saat dimainkan.
 
"Target kami bukan di sini, tapi yang penting pemain memperlihatkan kemampuan terbaik. Saya juga ingin melihat sampai sejauh mana pemain memahami apa yang kami inginkan, apalagi mereka masih berkompetisi sekarang," ujar dia.
 
Timnas U-19 nantinya hanya akan berkekuatan 23 pemain saat bermain di Piala AFF. Namun, sekarang jumlah pemain yang berlatih bersama Timnas U-19 ada 26 pemain.
 
Oleh karena itu, Fachri memastikan kompetisi masih terjadi untuk memilih 23 pemain yang layak untuk dibawa ke Vietnam.
 
"Sekarang kami masih ada 26 pemain nanti dipilih 23 pemain untuk AFF. Mereka ada yang dari eks U-16 beberapa pemain, tapi mayoritas dari mereka adalah hasil elite academy musim lalu," tutur mantan pemain PKT Bontang ini. 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X