Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Pro dan Kontra Apabila Philippe Coutinho Kembali ke Liverpool

Kompas.com - 16/07/2019, 19:30 WIB
Firzie A. Idris,
Tri Indriawati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Laporan media-media Inggris pada awal pekan ini menyebutkan bahwa Liverpool siap membawa pulang si anak hilang, Philippe Coutinho, di bursa transfer Liga Inggris.

TalkSport melaporkan bahwa Liverpool siap melayangkan tawaran senilai 88 juta pounds atau kurang lebih 1,5 triliun rupiah untuk memulangkan Philippe Coutinho.

Barcelona disinyalir bakal luluh dengan mahar tersebut mengingat klub berada dalam posisi kurang ideal di bursa transfer dengan lebih banyak pengeluaran ketimbang pemasukan setelah merekrut Frenkie de Jong dan Antoine Griezmann.

Agen Philippe Coutinho, Kia Joorabchian, mengatakan bahwa Barcelona tetap butuh jasa kliennya. Hal ini berdasarkan pembicaraan sang agen dengan presiden klub, Josep Maria Bartomeu.

Baca Juga: Lin Dan Berikan Pandangan Soal Suporter Badminton Indonesia

Akan tetapi, ia lalu mengungkapkan kalau kans Coutinho untuk bertahan di Camp Nou adalah 60-40 dengan sang pemain bisa memilih hengkang apabila ia tak bahagia di kubu Catalan tersebut.

Oleh karena itu, berikut adalah lima pro dan kontra apabila Liverpool memutuskan untuk membawa balik Philippe Coutinho.

1. Liverpool Beradaptasi Baik Tanpa Philippe Coutinho

Hal ini terpampang jelas. Pada 2016-2017, musim penuh terakhir Coutinho di Liverpool, The Reds finis peringkat keempat dengan 76 poin. Sebelum itu, Liverpool finis peringkat kedelapan dengan 60 poin dan peringkat keenam dengan 62 poin.

Musim lalu, Liverpool menyelesaikan Liga Inggris dengan torehan 97 poin, rekor poin klub, dan menjuarai Liga Champions setelah mencapai final musim sebelumnya, ketika Coutinho pindah sebelum memasuki fase knock-out.

Apabila dibandingkan pada paruh pertama musim 2017-2018, Liverpool justru mencatatkan beberapa keunggulan di aspek ofensif dengan Coutinho absen ketimbang sang playmaker bermain.

Menurut data Opta, Liverpool mencatatkan 3,22 big bhances (kesempatan besar mencetak gol) tanpa Coutinho ketimbang 2,85 dengannya bermain. The Reds juga mencatatkan 2,33 gol per laga tanpa Coutinho berbanding 2,23 jika ia ada.

 

Baca Juga: Alasan Lin Dan Ngotot Masih Mau Ikut Olimpiade 2020

Terlebih, angka expected goals (xG, peluang besar yang bisa berbuah menjadi gol) juga meningkat menjadi 2,22 gol per laga tanpanya berbanding 1,94 dengan Coutinho.

2. Reuni yang Membahagiakan

Philippe Coutinho mungkin memaksakan transfer ke Barcelona satu setengah tahun silam. Akan tetapi, ia masih mempunyai hubungan baik dengan pemain-pemain Liverpool.

Reaksi para fans yang terlihat di berbagai artikel suporter dan juga media sosial kebanyakan positif dalam keinginan mereka melihat sang pemain kembali ke Anfield.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com