Persija Jakarta Vs Persib Bandung, Jakmania dan Bobotoh Diminta Bersatu demi Bangsa

Kompas.com - 09/07/2019, 17:40 WIB
Bek sayap Persib Bandung Supardi Nasir. Persib.co.idBek sayap Persib Bandung Supardi Nasir.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pesan perdamaian disampaikan kapten Persib Bandung, Supardi Nasir, jelang pertandingan Liga 1 2019 Persija Jakarta vs Persib Bandung, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Rabu (9/7/2019).

Dalam sesi konferensi pers, Supardi berharap suporter Persib dan Persija yang biasa disebut Bobotoh dan The Jakmania, bisa bersatu demi ketertiban bersama.

Selama ini, dua kubu suporter memang dikenal tidak akur dan kerap terjadi bentrokan hingga mengorbankan nyawa.

Baca juga: Ada Pengamanan Berlapis Saat Laga Persija Vs Persib di SUGBK

"Untuk para suporter, khususnya bobotoh dan The Jakmania, selalu saya sampaikan bahwa bersatulah kalian demi bangsa," ujar Supardi.

"Bersatulah kalian demi bangsa, kita semua bersaudara," tutur dia melanjutkan.

Sebelumnya, Ketua The Jakmania, Ferry Indrasjarief, juga mengimbau kepada para suporter Persija untuk menyaksikan laga kontra Persib besok secara tertib.

Bahkan, Ferry juga melarang anggota The Jakmania untuk tidak melakukan sweeping atau razia terhadap orang-orang tertentu yang dicurigai sebagai suporter klub lawan.

Imbauan keras itu disampaikan Ferry saat menghadiri konferensi pers di Kantor Persija di Rasuna Office Park, Kuningan, Jakarta, Senin (8/7/2019) sore.

Ketua The Jakmania, Ferry Indrasjarief (kanan), saat menghadiri konferensi pers di Kantor Persija Jakarta, di Rasuna Office Park, Kuningan, Jakarta, Senin (8/7/2019).KOMPAS.com/Nugyasa Laksamana Ketua The Jakmania, Ferry Indrasjarief (kanan), saat menghadiri konferensi pers di Kantor Persija Jakarta, di Rasuna Office Park, Kuningan, Jakarta, Senin (8/7/2019).

"Saya imbau ke anak-anak The Jak tidak usah sweeping. Jangan mentang-mentang ada orang berlogat Sunda, lalu kemudian dicurigai sebagai Bobotoh," ujar Ferry.

"Di Cikampek, Indramayu, dan wilayah Jawa Barat lainnya, bisa saja mereka itu adalah pendukung Persija. Perlu diketahui, ada ribuan orang Jawa Barat yang mendukung Persija. Jangan sampai ada nada-nada rasialisme," tutur dia melanjutkan.

Baca juga: Persija Jakarta Vs Persib Bandung, Supardi Bergairah Main di SUGBK

Menurut Ferry, tindakan kekerasan dan razia bukanlah karakter sejati The Jakmania. Oleh karena itu, ia berharap semua bisa tertib menaati peraturan.

"Kalau ada yang memanas-manasi di media sosial, misalnya ada pendukung Persib yang pamer bisa lolos masuk SUGBK, ya biarkan saja," kata Ferry dengan tegas.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X