Mengenang Saat The Jak dan Bobotoh 1 Tribune di Laga Persija Vs Persib

Kompas.com - 09/07/2019, 12:20 WIB
Foto-foto masa saat The Jakmania dan Bobotoh masih bisa berada dalam satu tribune di laga Persija Jakarta vs Persib Bandung. Kondisi ini terjadi di masa-masa awal Liga Indonesia sebelum tahun 2001. twitter.com/kamar_agungFoto-foto masa saat The Jakmania dan Bobotoh masih bisa berada dalam satu tribune di laga Persija Jakarta vs Persib Bandung. Kondisi ini terjadi di masa-masa awal Liga Indonesia sebelum tahun 2001.
Penulis Alsadad Rudi
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Rivalitas antara Persija Jakarta vs Persib Bandung sebenarnya bukanlah persaingan dengan akar yang kuat.

Persija vs Persib bukanlah laga dengan latar belakang persaingan prestasi seperti Liverpool vs Manchester United, ataupun Real Madrid vs Barcelona yang dibumbui permusuhan politik.

Rivalitas antara Persija vs Persib lebih terbentuk karena permusuhan antar dua kelompok suporter mereka, The Jakmania dan Bobotoh, khususnya Viking.

Baca juga: Persija Vs Persib, Laga Klasik di SUGBK yang Sering Terusir ke Solo

Jika menilik ke belakang, pertandingan Persija vs Persib bukanlah laga bertensi tinggi yang rawan akan masalah keamanan. Setidaknya, hal itulah yang terjadi di masa-masa awal Liga Indonesia sebelum tahun 2001.

Ketika Persija masih berkandang di Stadion Lebak Bulus, kedua kelompok suporter masih bisa duduk dalam satu tribune.

Kondisi yang sama juga terjadi di Stadion Siliwangi, Bandung.

Ketika itu, Bobotoh bukanlah musuh bagi The Jakmania, demikian sebaliknya. Bobotoh seperti halnya Aremania bagi The Jakmana, dan The Jakmania juga sama seperti Bonek bagi Bobotoh.

Saat menghadiri acara Mata Najwa tahun 2018, Ketua Umum The Jakmania Ferry Indrasjarief mengaku sebagai orang yang paling bersalah dalam pertikaian The Jakmania dan Bobotoh.

Pasalnya, permusuhan itu mulai terjadi tahun 2001, saat masa kepemimpinan pertama Ferry. Permusuhan bermula hanya karena gesekan yang sempat melibatkan sebagian suporter.

Celakanya, permusuhan itu kemudian berkembang dalam waktu yang lama, bahkan menurun ke para suporter remaja yang mungkin belum lahir saat masa-masa awal permusuhan itu terjadi.

Baca juga: Ketua The Jakmania Sebut Rivalitas Persija Vs Persib Bukan karena Prestasi

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X