Daftar Juara Copa America, Gelar Ke-5 Brasil

Kompas.com - 08/07/2019, 06:11 WIB
Para pemain timnas Brasil berselebrasi bersama trofi juara Copa America 2019 setelah mengalahkan Peru dengan skor 3-1 pada laga final di Stadion Maracana, Rio de Janeiro, 8 Juli 2019. AFP/CARL DE SOUZAPara pemain timnas Brasil berselebrasi bersama trofi juara Copa America 2019 setelah mengalahkan Peru dengan skor 3-1 pada laga final di Stadion Maracana, Rio de Janeiro, 8 Juli 2019.

KOMPAS.com - Timnas Brasil sukses meraih gelar juara Copa America 2019 setelah mengalahkan Peru di partai final dengan skor 3-1.

Bertanding di Stadion Maracana, Rio de Janeiro, Minggu (7/7/2019) atau Senin dini hari WIB, Brasil mengemas kemenangan berkat tiga gol yang masing-masing dicetak oleh Everton Sousa pada menit ke-15, Gabriel Jesus (45+3'), dan penalti Richarlison (90').

Sementara itu, Peru hanya mampu mencuri sebiji gol balasan yang dicetak oleh Paolo Guerrero lewat tendangan penalti (41').

Dengan kemenangan ini, Brasil sukses meraih gelar ke-5 mereka sejak kompetisi antar negara Conmebol itu berganti format menjadi Copa America pada 1993. 

Kelima gelar itu masing-masing diraih Brasil pada tahun 1997, 1999, 2004, 2007, dan 2019.

Tim Samba tercatat sebagai negara dengan koleksi gelar terbanyak sejak Copa America menggunakan format anyar. 

Di urutan kedua, ada Uruguay dan Cile yang sama-sama telah mengoleksi dua gelar juara.

Sementara itu, Argentina tercatat hanya berhasil meraih satu kali gelar juara sejak era baru Copa America.

Baca juga: Hasil Final Copa America 2019, Kalahkan Peru, Brasil Juara

Satu-satunya gelar juara itu diraih Argentina pada 1993 atau saat kali pertama Copa America resmi menggunakan format anyar.

Negara lain yang juga mengoleksi satu trofi Copa America adalah Kolombia, yakni saat mereka menjadi juara pada 2001.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X