Kata-kata Mengharukan Arjen Robben Saat Umumkan Pensiun

Kompas.com - 05/07/2019, 10:51 WIB
Pemain sayap timnas Belanda, Arjen Robben (11), mencetak gol penalti ke gawang Swedia pada babak pertama partai Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa di Amsterdam Arena, Rabu (11/10/2017).EMMANUEL DUNAND/AFP Pemain sayap timnas Belanda, Arjen Robben (11), mencetak gol penalti ke gawang Swedia pada babak pertama partai Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa di Amsterdam Arena, Rabu (11/10/2017).

KOMPAS.com - Mantan pemain Bayern Muenchen dan timnas Belanda, Arjen Robben, mengumumkan pensiun dari sepak bola, Kamis (4/7/2019).

Robben sudah berkiprah di dunia sepak bola profesional sejak usia 16 tahun.

Setelah berkarier selama 19 tahun, dia akhirnya pensiun pada usia 35 tahun.

Kata-kata mengharukan diucapkannya saat mengumumkan keputusannya untuk pensiun.

"Ini bulan Juli lagi. Saatnya pemain sepak bola bersiap untuk musim depan, bukan saya," kata Robben.

Robben mengakhiri karier sepak bolanya masih di level tertinggi.

Sampai musim lalu, ia masih memperkuat raksasa Jerman, Bayern Muenchen.

Bersama Bayern, ia bahkan masih mempersembahkan juara Bundesliga.

Baca juga: Robben Akui Terima Tawaran dari Tim Liga Italia, Gabung Inter Milan?

"Saya telah memikirkan semuanya dalam beberapa minggu terakhir. Seperti yang diketahui semua orang, saya membutuhkan waktu setelah pertandingan terakhir saya bersama Bayern Muenchen untuk memutuskan masa depan, dan sekarang saya telah memutuskan untuk mengakhiri karier saya sebagai seorang pemain profesional," ucap Robben.

Arjen Robben mendapatkan perawatan saat mengalami cedera pada pertandingan pertama semifinal Liga Champions antara Bayern Muenchen dan Real Madrid di Allianz Arena, Rabu (25/4/2018).AFP/CHRISTOF STACHE Arjen Robben mendapatkan perawatan saat mengalami cedera pada pertandingan pertama semifinal Liga Champions antara Bayern Muenchen dan Real Madrid di Allianz Arena, Rabu (25/4/2018).

Bagi Robben, pensiun dari sepak bola adalah keputusan tersulit dalam hidupnya.

Ia bahkan mengibaratkan keputusan tersebut membuat hati dan kepalanya saling bertabrakan.

"Kecintaan pada permainan dan keyakinan bahwa Anda masih bisa menantang dunia versus kenyataan tidak selalu berjalan seperti yang Anda inginkan. Anda bukan lagi anak laki-laki berusia 16 tahun yang tidak tahu bagaimana rasanya cedera," ucap Robben.

Selama berkarier sebagai pemain profesional, Robben sudah pernah bermain di Liga Belanda (Groningen dan PSV), Liga Inggris (Chelsea), Liga Spanyol (Real Madrid), dan paling lama, yakni selama 10 tahun di Jerman bersama Bayern.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X