Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maju Calon Ketum PSSI, Moch Iriawan Ingin Majukan Sepak Bola Indonesia

Kompas.com - 04/07/2019, 12:40 WIB
Kontributor Bola, Septian Nugraha,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Komjen Pol Mochamad Iriawan mantap masuk dalam bursa calon ketua umum PSSI periode 2020-2024.

Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) itu kabarnya sudah mendapatkan dukungan dari 11 Asprov PSSI dan beberapa klub.

Bila terpilih, sosok yang akrab disapa Iwan Bule itu bertekad untuk memajukan sepak bola Indonesia, yang dalam beberapa tahun terakhir cenderung merosot.

"Keinginan saya sepak bola Indonesia maju. Saya ingin punya prestasi. Ketika zaman saya, sepak bola Indonesia itu maju, itu saja buat saya cukup, lain-lain saya pikir sudah memberikan yang terbaik," kata Iwan Bule, saat ditemui di Bandung, belum lama ini.

Baca juga: 6 Stadion yang Ditetapkan PSSI untuk Piala Dunia U-20 2021

Iwan mengungkapkan, untuk merealisasikan keinginannya itu, dia akan konsentrasi pada proses pembinaan pesepak bola muda Indonesia.

Menurut dia, untuk menghasilkan pemain berkualitas untuk timnas Indonesia, perlu adanya regenerasi dan pembinaan pemain yang benar dan berkesinambungan.

"Kami perlu SDM, perlu pembinaan, kemudian anggaran digitalisasi data PSSI sarana prasarana, insya Allah kalau saya terpilih akan lakukan itu semua, termasuk pembinaan usia muda," katanya.

Tak hanya itu, Iwan juga bertekad untuk memberantas mafia di sepak bola Indonesia. Menurut Iwan, kehadiran mafia bola ini tak ubahnya parasit yang merusak marwah sepak bola Indonesia.

Baca juga: Australia Sambut Ajakan PSSI Helat Piala Dunia 2034

"Berantas mafia sepak bola juga itu never ending dan saya yakin kepolisian juga tidak berhenti untuk memberantas mafia karena kalau itu masih terjadi, saya yakin sepak bola Indonesia tidak akan maju," katanya.

Persib Bandung mantap dukung Iwan Bule

Sementara itu, Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar, menegaskan pihaknya semakin mantap mendukung Iwan Bule maju dalam pemilihan ketua umum PSSI. \

Menurut dia, Iwan Bule merupakan sosok yang tepat untuk memimpin induk organisasi sepak bola Indonesia itu.

"Menurut saya, Pak Iwan merupakan sosok yang tepat. Beliau juga berpengalaman dan dasarnya juga jelas. Saya yakin banyak juga yang mendukung Pak Iwan maju, insya Allah," kata Umuh.

Andai terpilih sebagai ketua umum PSSI, Umuh berpesan agar Iwan Bule bisa membenahi sepak bola Indonesia.

Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar saat melakukan doa bersama sebelum laga Piala Indonesia antara Persib dengan Persiwa, di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, beberapa waktu lalu. (KOMPAS.com/SEPTIAN NUGRAHA) KOMPAS.com/SEPTIAN NUGRAHA Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar saat melakukan doa bersama sebelum laga Piala Indonesia antara Persib dengan Persiwa, di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, beberapa waktu lalu. (KOMPAS.com/SEPTIAN NUGRAHA)

Baca juga: Liga 1 2019, Persebaya Waspadai Motivasi Berlipat Persib Bandung

Sosok yang sudah hampir satu dekade menjabat sebagai Manajer Persib itu juga berharap Iwan bisa memilih anggota yang tepat dalam kepemimpinannya di PSSI.

"Tentunya nomor satu itu sepak bola harus dibenahi dan nanti Pak Iwan juga bisa memilih orang yang tepat untuk menjadi pendampingnya. Artinya, orang-orangnya yang jago yang benar mengerti sepak bola," ujarnya. 

"Karena, sampai saat ini masih sangat memprihatinkan, kami tidak mengarang, memang kenyataannya seperti ini," ujar Umuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com