Kompas.com - 25/06/2019, 19:40 WIB
Penampilan kesenian pada pembukaan Piala Dunia 2014 di Corinthians Arena di Sao Paulo, sebelum laga perdana Brasil melawan Kroasia, 13 Juni 2014. AFP PHOTO / POOL / FABRIZIO BENSCHPenampilan kesenian pada pembukaan Piala Dunia 2014 di Corinthians Arena di Sao Paulo, sebelum laga perdana Brasil melawan Kroasia, 13 Juni 2014.
Penulis Alsadad Rudi
|

KOMPAS.com - Organisasi negara-negara Asia Tenggara (ASEAN) berniat mengajukan diri menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia 2034.

Wacana tersebut dilontarkan Chairman ASEAN Jenderal Prayuth Chan o-cha saat KTT ASEAN di Bangkok.

Selaku organisasi yang mewadahi, AFF menyatakan dukungannya atas rencana tersebut.

Presiden Jendral AFF Khiev Sameth menyatakan pihaknya menyambut baik dan menjanjikan dukungan mereka untuk merealisasikan wacana tersebut.

Baca juga: Ini Harapan ASEAN untuk Piala Dunia 2034

“Kami selalu berpendapat bahwa ASEAN, yang secara kolektif merupakan kekuatan ekonomi terbesar ketiga di Asia dan terbesar ketujuh di dunia memiliki potensi untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA yang sukses," kata Sameth dikutip dari laman AFF, Selasa (25/6/2019).

"Piala Dunia FIFA yang diselenggarakan oleh ASEAN akan menghasilkan manfaat ekonomi dan olahraga untuk wilayah ini, dan juga akan memperkuat ikatan di antara 640 juta orang, lanjutnya.

Ada 10 negara ASEAN yang disebut terlibat dalam wacana tersebut.

Gagasan untuk menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia pertama kali diperdebatkan saat Jepang dan Korea Selatan mengajukan diri dan akhirnya berhasil menggelarnya di tahun 2002.

Piala Dunia di lebih dari satu negara akan kembali digelar di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko pada 2026.

Khusus Asia, benua kuning akan kembali menjadi penyelenggara Piala Dunia tahun 2022 mendatang di Qatar.

“AFF akan melibatkan para pemangku kepentingan kami dan melihat kemungkinan mengajukan penawaran untuk hak hosting, sambil mempertimbangkan faktor-faktor utama termasuk persyaratan minimum yang telah ditentukan sebelumnya untuk menjadi tuan rumah kompetisi, jadwal waktu dan pertimbangan lainnya," kata Sameth.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.