Olympic House, Kantor Baru Komite Olimpiade Internasional di Swiss

Kompas.com - 25/06/2019, 07:00 WIB
Olympic House di Lausanne, Swiss, menjadi kantor baru bagi Komite Olimpiade Internasional. IOCOlympic House di Lausanne, Swiss, menjadi kantor baru bagi Komite Olimpiade Internasional.

KOMPAS.com - Selain merayakan hari jadi yang ke-125, Komite Olimpiade Internasional (IOC) juga meresmikan markas baru mereka di Lausanne, pada Minggu (23/6/2019) kemarin.

Markas anyar IOC yang dinamakan Olympic House itu telah dibangun sejak 2016. Tempat ini akan menjadi tempat bernaung semua staf IOC dalam satu atap.

Keunggulan dari gedung baru Olympic House ini adalah tersedianya tempat pertemuan untuk Gerakan Olimpiade Global (Global Olympic Movement).

Baca juga: Diincar Duo Manchester, Koulibaly Masih Ingin Fokus Piala Afrika 2019

Ketua Komite Olimpiade Indonesia, Erick Thohir, mengaku bangga bisa hadir dalam peresmian Olympic House tersebut.

"Saya bangga bisa menyaksikan momen penting dalam dunia olahraga. Olympic House ini menggabungkan simbol perdamaian, persatuan dan juga transparansi," ujar Erick dalam siaran pers yang diterima Kompas.com.

Salah satu bagian bangunan Olympic House di Lausanne, Swiss.IOC Salah satu bagian bangunan Olympic House di Lausanne, Swiss.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Saya percaya, olahraga bisa mengharmonikan perbedaan, membangun perdamaian. Saya masih ingat, bagaimana Asian Games 2018, bisa menyatukan kita semua sebagai bangsa."

Olympic House memadukan standar tertinggi dalam desain arsitektur dengan pendekatan holistik untuk keberlanjutan.

Gedung ini mempertimbangkan lima prinsip Olimpiade yaitu gerakan, transparansi, fleksibilitas, keberlanjutan, dan kolaborasi.

Baca juga: Timnas Argentina Tebar Ancaman Lewat Trio MAM

Olympic House dirancang dengan menggabungkan empat konsep yaitu integrasi yang dituangkan dalam lanskap alam, kemudian bentuk atlet sebagai jantung.

Selain itu, simbol perdamaian diwakili oleh panel tenaga surya di atap yang berbentuk burung merpati, serta persatuan diwakili tangga berbentuk lima cincin yang menghubungkan lantai demi lantai.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.