Marta dan Kekalahan Brasil di Piala Dunia Wanita, Imbas Kegagalan CBF

Kompas.com - 25/06/2019, 06:00 WIB
Para pemain timnas putri Brasil merayakan gol yang dicetak Marta (10) ke gawang Italia dalam laga Grup C Piala Dunia Wanita 2019 antara Brasil vs Italia, di Stade du Hainaut, Selasa, 18 Juni 2019. AFP/Philippe HuguenPara pemain timnas putri Brasil merayakan gol yang dicetak Marta (10) ke gawang Italia dalam laga Grup C Piala Dunia Wanita 2019 antara Brasil vs Italia, di Stade du Hainaut, Selasa, 18 Juni 2019.

KOMPAS.com - Kekalahan 1-2 Timnas Putri Brasil dari timnas putri Perancis di babak 16 besar Piala Dunia Wanita 2019 membuat bintang utama Brasil, Marta, menyerukan panggilan untuk generasi penerus.

Timnas putri Brasil harus mengakui keunggulan 1-2 tuan rumah Piala Dunia Wanita 2019 itu di Le Havre setelah melalui babak perpanjangan waktu.

Bagi timnas putri Brasil, hasil ini menutup tahun 2019 nan buruk. Brasil hanya memenangi dua (kontra Jamaika dan Italia di fase grup PDW) dari sembilan laga sepanjang 2019.

Baca juga: 5 Fakta Piala Dunia Wanita 2019, Kesetaraan Gender Masih Jadi Masalah

Marta pun meminta generasi baru sepak bola wanita Brasil untuk tidak menyerah dalam usaha mengejar mimpi mereka.

"Tahulah bahwa saya meminta kalian untuk memberi lebih, berlatih lebih, untuk siap bermain 90 menit dan 30 menit lagi. Itu yang saya minta ke rekan-rekan satu tim," ujarnya.

Marta lalu menyinggung soal generasi sepak bola wanita Brasil kini yang sudah memasuki masa senja.

Secara spesifik, ia menyebut nama-nama seperti Cristiane (34 tahun), Formiga (43 tahun), dan dirinya sendiri yang kini sudah berusia 33 tahun.

"Kalian tak akan bisa melihat Cristiane bermain selamanya, Kalian tak akan bisa melihat Marta selamanya, kalian tak akan bisa melihat Formiga selamanya. Sepak bola wanita bergantung dari kalian untuk selamat," ujarnya.

"Jadi, pikirkanlah dalam-dalam. Menangislah di depan untuk senyum di akhir."

Walau sudah berusia senior, para pemain Timnas Putri Brasil tetap memberikan 110 persen kontra Perancis.

Baca juga: Pro Kontra Absensi Pemain Terbaik Dunia di Piala Dunia Wanita 2019

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber Oglobo
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X