Gary Neville Minta Ole Belajar "Ilmu" Kepemimpinan dari Pochettino

Kompas.com - 24/06/2019, 18:00 WIB
Pelatih Valencia, Gary Neville, berhasil meraih kemenangan perdananya di La Liga usai timnya menang 2-1 atas Espanyol di Stadion Mestalla, Sabtu (13/2/2016) waktu setempat.JOSE JORDAN / AFP Pelatih Valencia, Gary Neville, berhasil meraih kemenangan perdananya di La Liga usai timnya menang 2-1 atas Espanyol di Stadion Mestalla, Sabtu (13/2/2016) waktu setempat.

KOMPAS.com - Legenda hidup Manchester United, Gary Neville, meminta Ole Gunnar Solskjaer untuk belajar dari kepemimpinan manajer Tottenham Hotspur, Mauricio Pochettino.

Rapor Man United di musim 2018-2019 bisa dibilang tidak memuaskan. Klub yang bermarkas di Old Trafford itu menyelesaikan Liga Inggris dengan berada di posisi keenam.

Selain gagal menempati zona Liga Champions, Man United juga mencatatkan rekor kebobolan terburuk dalam kurun waktu 40 tahun terakhir. Musim lalu, total 54 gol bersarang di gawang yang dikawal David De Gea.

Baca juga: Gary Neville Ingin Ole Bersihkan Suasana Ruang Ganti Man United

Tidak hanya di kompetisi domestik, Man United juga menuai hasil buruk di tingkat Eropa.

Paul Pogba cs disingkirkan oleh Barcelona di babak perempat final Liga Champions setelah kalah agregat telak 0-4.

Buruknya penampilan Man United pada musim lalu nampaknya membuat Gary Neville tidak tahan untuk tidak berkomentar.

Ia mengatakan bahwa Solskjaer perlu berbenah dan belajar dari kinerja Pochettino selama menangani Tottenham.

Baca juga: Hormati Fans, Lukaku Enggan Ajukan Permintaan Transfer ke Man United

"Saya sedikit menghargai kepemimpinan Ole. Namun bagaimanapun juga, ia tetap harus berbenah," ujar Neville seperti dikutip dari Football London. 

"Saya ingat ketika Pochettino pertama kali menangani Tottenham. Saya datang melihatnya dan ternyata dia melakukan hal unik. Dia membagi tim menjadi dua, satu tim yang akan ia gunakan, satunya lagi tidak. Sekarang, lihatlah bagaimana prestasi klub itu," sambungnya.

Neville juga terang-terangan memuji apa yang telah dilakukan Pochettino terhadap Tottenham. Menurutnya, Man United dan Solskjaer perlu meniru langkah Pochettino. 

"Dia telah melakukan hal yang sangat cerdas, entah dalam permainan di lapangan atau transfer. Itulah hal yang harus dilakukan oleh Manchester United saat ini," pungkasnya.

Baca juga: Diminati Man United, Aubameyang Pilih Setia bersama Arsenal

Pochettino sejak ditunjuk sebagai pelatih Tottenham pada awal musim 2013-2014 memang belum bisa menghadirkan prestasi.

Tetapi, berkat tangan dinginnya, The Lilywhites, julukan Tottenham Hotspur, tampil sebagai tim perusak dominasi big six.

Bahkan, pada musim lalu, manajer berpaspor Argentina ini berhasil mengantarkan Spurs hingga babak final Liga Cahampions. Namun, mereka gagal juara setelah dikalahkan oleh Liverpool.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X