Seperti Halnya Taufik Hidayat, Lee Chong Wei Sulit Tergantikan

Kompas.com - 17/06/2019, 18:21 WIB
Dua legenda bulu tangkis tunggal putra dunia, Lee Chong Wei (kiri) dan Taufik Hidayat. TribunnewsDua legenda bulu tangkis tunggal putra dunia, Lee Chong Wei (kiri) dan Taufik Hidayat.

KOMPAS.com - Legenda bulu tangkis tunggal putra Indonesia, Hendrawan, meyakini bahwa tak mudah bagi Malaysia untuk mencari suksesor Lee Chong Wei yang baru saja pensiun.

Hendrawan, yang merupakan pelatih pribadi Lee Chong Wei sejak 2015 hingga sang pemain pensiun, menyatakan bahwa Malaysia memang punya beberapa pemain muda tunggal putra potensial.

Baca juga: Saham Bali United Resmi Melantai, Dirut BEI Mendukung Penuh

Namun, Hendrawan berpendapat bahwa Malaysia butuh waktu yang cukup panjang untuk bisa menemukan kembali sosok sekelas Lee Chong Wei.

Bahkan, Hendrawan kemudian membandingkan Lee Chong Wei dengan legenda tunggal putra Indonesia, Taufik Hidayat, yang sampai sekarang dinilai belum ada penggantinya di Tanah Air.

"Kalau ditanya siapa pengganti Lee Chong Wei, pastinya itu susah dijawab. Sekarang saya balik tanya, siapa penggantinya Taufik Hidayat di Indonesia? Tidak gampang kan mencari sosok penggantinya," kata Hendrawan kepada Kompas.com pada beberapa waktu lalu.

"Orang-orang seperti Taufik dan Lee Chong Wei ini legenda. Mencari orang berbakat seperti mereka susah. Tetapi, kami akan berusaha untuk cari suksesornya."

Lebih lanjut, Hendrawan menyebutkan nama Lee Zii Jia sebagai pemain tunggal putra Malaysia yang punya peluang sukses pada masa mendatang.

Lee Zii Jia, kata Hendrawan, punya banyak waktu untuk berkembang lantaran masih berusia 21 tahun dan menjadi pemain tunggal putra Malaysia dengan peringkat tertinggi saat ini (urutan ke-20 dunia).

Baca juga: Copa America 2019, Juara Bertahan Chile Akan Hadapi Jepang

"Perjalanan dia (Lee Zii Jia) masih panjang. Tetapi jujur saja, kalau untuk mencapai level seperti Lee Chong Wei tentu perlu waktu dan tanggung jawab lebih," kata Hendrawan.

"Para pemain tunggal putra Malaysia harus kerja keras, punya karakter yang kuat, harus mempunyai karakter untuk menjadi seorang legenda," tutur peraih medali perak Olimpiade Sydney 2000 itu.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X