Bukan Olimpiade, Ini Turnamen Paling Mengesankan bagi Lee Chong Wei

Kompas.com - 17/06/2019, 12:40 WIB
Lin Dan dan Lee Chong Weisports.sina.com Lin Dan dan Lee Chong Wei

KOMPAS.com - Pebulu tangkis tunggal putra legenda Malaysia, Lee Chong Wei, memutuskan gantung raket setelah melakoni 839 pertandingan dan meraih kemenangan kurang lebih 705 kali selama 19 tahun kariernya di dunia bulu tangkis.

Meski berkali-kali mengikuti turnamen kelas dunia, seperti Kejuaraan Dunia, All England, dan Olimpiade, Lee Chong Wei justru mengatakan yang paling berkesan baginya justru Malaysia Open 2006.

Lee Chong Wei mengakui bahwa laga final melawan Lin Dan di Malaysia Open 2006 menjadi hal yang paling berkesan dalam kariernya.

Bermain di hadapan publik sendiri, Lee Chong Wei kala itu berada di ujung kekalahan setelah Lin Dan berhasil mengamankan poin kemenangan di gim ketiga dengan keunggulan 20-13.

Nasib baik dialami oleh Lee Chong Wei saat berhasil meraih tujuh angka beruntun dan menyamakan kedudukan sebelum akhirnya menang 23-21 atas Lin Dan. Dia pun menjadi juara tunggal putra di Malaysia Open 2006.

"Tentu saja, kemenangan di Malaysia Open 2006 menjadi hal yang paling berkesan bagi saya. Lin Dan memimpin 20-13 dan hanya membutuhkan satu poin untuk menang," ujar Lee Chong Wei dikutip Kompas.com dari New Straits Times.

Lee Chong Wei menganggap dirinya sangat beruntung karena berhasil meraih tujuh poin beruntun dan tidak melakukan kesalahan ketika tertinggal jauh dari Lin Dan.

Setelah memutuskan gantung raket, Lee Chong Wei mengatakan akan lebih fokus menghabiskan waktu bersama keluarganya.

Lee Chong Wei juga tetap akan pergi ke Olimpiade Tokyo 2020 sebagai Chef de Mission (CdM) untuk Malaysia.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X