Kalah dari Kolombia, Rekor Buruk Argentina dalam 40 Tahun Terakhir

Kompas.com - 16/06/2019, 16:35 WIB
Lionel Messi berebutan bola dengan Davinson Sanchez pada pertandingan Argentina vs Kolombia dalam ajang Copa America 2019 di Fonte Nova Arena, Salvador, 15 Juni 2019.AFP/JUAN MABROMATA Lionel Messi berebutan bola dengan Davinson Sanchez pada pertandingan Argentina vs Kolombia dalam ajang Copa America 2019 di Fonte Nova Arena, Salvador, 15 Juni 2019.

KOMPAS.com - Timnas Argentina dipaksa tumbang pada pertandingan perdana mereka di Copa America 2019.

Bertanding melawan Kolombia di Stadion Fonte Nova, Minggu (16/6/2019) pagi WIB, Lionel Messi cs kalah 0-2. Dua gol Kolombia dicetak oleh Roger Martinez (71') dan Duvan Zapata (86').

Bagi La Albiceleste, julukan timnas Argentina, kekalahan pada laga pertama Copa America ini terbilang asing.

Pasalnya, sudah lama sekali mereka mengawali kompetisi sepak bola yang diikuti negara-negara CONMEBOL itu dengan kekalahan.

Baca juga: Hasil Copa America 2019, Argentina Vs Kolombia, Awal Buruk Messi dkk

Seperti yang dilansir Opta, sudah 40 tahun lamanya Argentina tak mengalami kekalahan pada sebuah laga pembuka Copa America.

Pertama kali, negara kelahiran Diego Maradona tersebut mengalami kekalahan pada laga perdana mereka di Copa America 1919. Saat itu, Argentina kalah 2-3 dari Uruguay.

Copa America 1919 masih diikuti empat tim dan Argentina finis di posisi ketiga di bawah Uruguay dan Brasil.

Pengalaman buruk kedua terjadi saat Copa America 1979. Pada waktu itu, Argentina kalah 1-2 dari Bolivia pada pertandingan mereka di Copa America.

Edisi 1979 menjadi yang terburuk karena mereka harus rela menjadi juru kunci grup di bawah Brasil dan Bolivia.

Setelah itu, dalam empat dekade terakhir, Argentina selalu menang dalam laga perdana mereka di Copa America, atau setidaknya meraih hasil imbang.

Baca juga: Argentina Vs Nikaragua, Messi Cetak 2 Gol, Tim Tuan Rumah Pesta 5 Gol

Bahkan, saat menjadi juara pada gelaran Copa America 1991 dan 1993, mereka sama sekali tak terkalahkan sepanjang kompetisi.

Di samping itu semua, Messi cs sebenarnya mempunyai tradisi apik di Copa America lima edisi terakhir. Argetina berhasil empat kali menjadi runner-up dan satu kali menembus delapan besar.

Untuk laga selanjutnya, Argentina akan melawan Paraguay di Estadio Mineirao, pada 20 Juni mendatang. Tidak ada pilihan bagi Argentina kecuali menang demi lolos ke babak selanjutnya. (Thoriq Az Zuhri Yunus)

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X