MotoGP Catalunya 2019, Lorenzo Sebut Tak Bermaksud Halangi Marquez

Kompas.com - 16/06/2019, 14:30 WIB
Jorge LorenzoFoto: Daily Star Jorge Lorenzo

KOMPAS.com - Pebalap Repsol Honda, Jorge Lorenzo, mengaku bahwa dirinya tidak bermaksud menghalangi jalur rekan satu timnya, Marc Marquez, pada sesi latihan bebas ketiga (FP3) MotoGP Catalunya 2019.

Marquez sangat marah kepada Lorenzo karena rekan satu timnya itu melaju dengan sangat perlahan di jalurnya pada tikungan 3 FP3 yang berlangsung di Sirkuit Catalunya, Barcelona, Spanyol, Sabtu (15/6/2019).

Lorenzo dinilai telah menghalangi jalur Marquez yang sedang berupaya memperbaiki catatan waktu terbaik untuk lolos ke kualifikasi kedua (Q2).

Saking marahnya, Marquez pun meminta race director untuk menjatuhkan penalti kepada Lorenzo.

Menanggapi hal itu, Lorenzo pun memberikan penjelasan dengan tenang. Pebalap berpaspor Spanyol itu menjelaskan bahwa dia tidak bermaksud untuk menghalangi Marquez.

"Untuk apa yang terjadi dengan Marc, kami sudah sering melihat pada MotoGP bahwa semua pembalap sangat fokus untuk membuat putaran tercepat," kata Lorenzo seperti dilansir BolaSport.com dari Crash.

Baca juga: MotoGP Catalunya 2019, Kesal, Marquez Minta Lorenzo Dijatuhi Penalti

"Anda harus lebih cepat dan konsentrasi. Jika Anda tidak dapat melakukannya, sulit untuk keluar jalur karena terkadang Anda tidak memiliki begitu banyak pilihan," ucap Lorenzo.

Lorenzo menyatakan, saat itu dia sedang fokus mencatatkan waktu terbaik sehingga tidak memperhatikan bahwa Marquez berada di belakangnya.

"Saya sudah meraih lap tercepat. Setelah itu, saya memotong tikungan pertama sehingga waktu saya dibatalkan. Saya mencoba berada dalam jalur membalap, tetapi sialnya Marc mendapati saya ada di depannya," tutur Lorenzo

"Dia ingin saya dihukum? Momen ini terjadi dalam situasi yang tegang, sungguh sulit untuk memperhatikan semua hal yang terjadi di sekitar Anda," aku pembalap berusia 32 tahun ini.

Jorge Lorenzo berhasil menempati posisi ke-10 atau di belakang Marquez pada sesi FP3. Mantan pebalap Ducati itu pun menytakan bahwa kini dirinya mulai merasa nyaman menunggangi motor Honda.

Baca juga: Tak Maksimal Saat Latihan Bebas, Lorenzo Salahkan Sirkuit Catalunya

"Kami telah bekerja untuk membuat saya merasa nyaman. Kami tidak membuat langkah besar ke depan, tetapi modifikasi kecil membuat saya lebih nyaman dengan motor ini," ujar Lorenzo.

"Saya bisa sedikit lebih agresif dengan kecepatan dan konsistensi yang sedikit lebih baik. Namun, saya pikir kami mungkin memiliki akhir pekan yang paling konsisten di semua kejuaraan."

Lorenzo akan memulai balapan MotoGP Catalunya dari posisi ke-10, sedangkan Marquez menempati urutan kedua.

Balapan MotoGP Catalunya 2019 akan digelar hari ini atau Minggu (16/6/2019), mulai pukul 19.00 WIB. (Delia Mustikasari)

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X