MotoGP Catalunya 2019, Vinales Sesali Kecerobohannya di Kualifikasi

Kompas.com - 16/06/2019, 10:30 WIB
Pebalap Yamaha asal Spanyol, Maverick Vinales, tengah memacu motornya pada sesi latihan bebas MotoGP Italia di Sirkuit Mugello, 31 Mei 2019. AFP/TIZIANA FABIPebalap Yamaha asal Spanyol, Maverick Vinales, tengah memacu motornya pada sesi latihan bebas MotoGP Italia di Sirkuit Mugello, 31 Mei 2019.

KOMPAS.com - Maverick Vinales menyesali kecerobohan yang membuatnya harus menerima penalti pada sesi kualifikasi MotoGP Catalunya 2019.

Vinales sebenarnya bisa memulai balapan dari urutan terdepan karena berhasil mencatatkan waktu tercepat pada sesi kualifikasi yang berlangsung di Sirkuit Catalunya, Sabtu (15/6/2019).

Pembalap Monster Energy Yamaha itu mengukir catatan waktu 1 menit 39,710 detik untuk merebut peringkat ketiga di sesi kualifikasi. Namun, performa apik Vinales itu ternoda karena aksi cerobohnya saat melakukan selebrasi seusai menuntaskan putaran terakhir sesi Q2.

Saat itu, Vinales yang merasa tugasnya telah selesai, memutuskan menyapa penggemarnya dengan melakukan aksi wheelie dan melambaikan tangan.

Akan tetapi, pria asal Spanyol itu lupa bahwa sesi kualifikasi belum sepenuhnya berakhir karena ada beberapa pebalap lain yang masih harus menuntaskan satu putaran lagi.

Salah satu pebalap yang masih melaju di lintasan adalah, Fabio Quartararo. Rookie Yamaha itu melaju kencang dan nyaris bersenggolan dengan Vinales.

Baca juga: MotoGP Spanyol, Rossi Akui Vinales Tampil Lebih Baik Darinya

Kecerobohan Maverick Vinales itu tentu saja membuat gusar Fabio Quartararo meski pada akhirnya sang rookie tetap berhasil meraih pole position.

Akibat kecerobohannya itu, Vinales akhirnya dijatuhi hukuman oleh FIM MotoGP Stewards. Dia terkena penalti mundur tiga grid pada start balapan, Minggu (16/6/2019) malam nanti, karena dianggap cerobah dan membahayakan pebalap lain di kualifikasi.

"Saya pikir saya sudah melintasi bendera finis, jadi saya memutuskan untuk meyapa penonton dan melakukan wheelie," kata Maverick Vinales dikutip BolaSport.com dari laman MotoGP.

"Saya tak tahu apa yang terjadi. Kemudian saya melihat Fabio melaju, tetapi saya terlambat menyadarinya," ujarnya melanjutkan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar


Sumber BolaSport
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X