Lebih Dekat dengan Vanuatu, Lawan Timnas Indonesia di Laga Uji Coba

Kompas.com - 15/06/2019, 08:45 WIB
Pemain sepakbola timnas Vanuatu mengikuti sesi latihan di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Jumat (14/6/2019). Latihan tersebut merupakan persiapan timnas Vanuatu untuk menghadapi pertandingan uji coba internasional melawan Timnas Indonesia pada 15 Juni 2019 di Jakarta. ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTAPemain sepakbola timnas Vanuatu mengikuti sesi latihan di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Jumat (14/6/2019). Latihan tersebut merupakan persiapan timnas Vanuatu untuk menghadapi pertandingan uji coba internasional melawan Timnas Indonesia pada 15 Juni 2019 di Jakarta.
Penulis Alsadad Rudi
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Timnas Indonesia akan melakoni laga uji coba internasional kedua pada bulan ini dengan menghadapi Vanuatu di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (15/6/2019) malam ini.

Negara yang akan dihadapi Hansamu Yama dkk kini terdengar cukup asing. Vanuatu adalah "negara kecil" yang terletak di Samudera Pasifik.

Dikutip dari worldometers, pada 2019, penduduk Vanuatu diperkirakan berjumlah 287.684 jiwa.

Baca juga: Jadwal Siaran Langsung Timnas Indonesia Vs Vanuatu

.. .

Dari ranking terbaru yang dirilis FIFA per 14 Juni 2019, Vanuatu menempati peringkat ke-163, atau hanya tiga peringkat di bawah Indonesia yang menempati peringkat 160.

Peringkat Vanuatu lebih baik ketimbang sejumlah rival Indonesia di kawasan Asia Tenggara, seperti Kamboja (169), Laos (188), Brunei (193), ataupun Timor Leste (200).

Dari segi prestasi, pencapaian terbaik Vanuatu adalah menempati peringkat keempat OFC Nations Cup sebanyak empat kali. OFC adalah konfederasi yang menaungi negara-negara di kawasan Oseania.

Baca juga: Gunung Api Manaro Voui Bergolak, Ribuan Penduduk Vanuatu Diungsikan

Karena bergabung di konfederasi yang tergolong "anak bawang" di persepakbolaan dunia, tak banyak informasi yang bisa digali dari kiprah Vanuatu di dunia sepak bola.

Sepak terjang negara ini, terutama terkait dengan Indonesia, justru terjadi di bidang politik internasional.

Delegasi Indonesia di sidang Dewan HAM sesi ke-34 pada Rabu (1/3/2017) di Geneva, Swiss, mendorong Vanuatu untuk lebih fokus pada penyelesaian masalah HAM internal ketimbang menuding pelanggaran HAM di Papua dan Papua Barat.Kemenlu RI untuk Kompas.com Delegasi Indonesia di sidang Dewan HAM sesi ke-34 pada Rabu (1/3/2017) di Geneva, Swiss, mendorong Vanuatu untuk lebih fokus pada penyelesaian masalah HAM internal ketimbang menuding pelanggaran HAM di Papua dan Papua Barat.

Vanuatu diketahui merupakan negara yang sempat menyatakan mendukung kemerdekaaan Papua.

Pada Januari 2019, delegasi negara tersebut bahkan semat membawa tokoh gerakan separatis Papua Barat, Benny Wenda, untuk bertemu Komisi Tinggi Hak Asasi Manusia (KTHAM) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X