Gabung Madrid, 5 Hal yang Harus Diketahui Tentang "Messi dari Jepang"

Kompas.com - 14/06/2019, 20:59 WIB
Bintang timnas U-19 Jepang, Takefusa Kubo, menjawab pertanyaan wartawan di Lapangan ABC, Senayan, Jakarta, Sabtu (27/10/2018).MUHAMMAD ROBBANI/BOLASPORT.COM Bintang timnas U-19 Jepang, Takefusa Kubo, menjawab pertanyaan wartawan di Lapangan ABC, Senayan, Jakarta, Sabtu (27/10/2018).

KOMPAS.com - Real Madrid resmi mendatangkan gelandang serang FC Tokyo, Takefusa Kubo, pada bursa transfer musim panas ini.

Seperti yang dilansir Football Espana, Kubo didatangkan ke markas Madrid, Santiago Bernabeu, dengan mahar 2 juta euro atau sekitar 32 miliar rupiah.

Pemain yang masih berusia 18 tahun itu lantas tidak langsung menjadi bagian tim utama, melainkan akan membela tim B Real Madrid, Castilla.

Berikut lima fakta menarik tentang pemain yang berjuluk "Messi dari Jepang" itu :

1. Jebolan La Masia

Kubo pernah memperkuat La Masia - akademi Barcelona - selama kurang lebih lima tahun. Bergabung pada 2011, Kubo akhirnya memutuskan keluar setelah Barcelona terkena sanksi tentang perekrutan pemain di bawah umur.

Baca juga: Resmi, Real Madrid Datangkan Messi dari Jepang

2. Pernah cetak gol di GBK

Saat membela FC Tokyo, Kubo berhasil mencetak gol di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Pada waktu itu, timnya menang 4-2 atas Bhayangkara FC pada laga peringatan 60 tahun hubungan bilateral Indonesia dan Jepang (27/1/2018).

3. Sekali berhadapan dengan Egy Maulana

Kubo dan Egy Maulana Vikri sama-sama dijuluki Messi dari Asia. Keduanya mempunyai postur yang kecil, cepat, dan bermain dengan kaki kiri sehingga menyerupai Messi.

Bahkan, keduanya sempat bentrok ketika Timnas U-19 Indonesia melawan Timnas Jepang U-19 pada gelaran Piala Asia U-19 di SUGBK (28/10/2019).

Baca juga: Bela Real Madrid, Eden Hazard Tanggapi Kans Raih Ballon dOr

4. Pernah Puji Tod Ferre

Sebelum laga timnas U-19 Indonesia vs Timnas Jepang U-19, Kubo pernah memuji permainan gelandang Indonesia, Tod Ferre.

"Mungkin pemain dengan nomor punggung 22, pemain bertubuh kecil, dia punya kemampuan berlari sangat cepat," ujarnya usai melihat rekaman pertandingan Indonesia.

Nomor 22 memang merujuk kepada Todd Ferre yang saat itu memperkuat timnas U-19 Indonesia.

5. Sudah debut bersama timnas senior

Di usianya yang masih menginjak 18 tahun, Kubo sudah melakukan debut bersama timnas senior Jepang. Hal itu ia rasakan saat Jepang menang 2-0 atas El Salvador (9/6?2019).




Close Ads X