Utusan AFC Pimpin Seleksi Calon Wasit Liga 2 2019

Kompas.com - 13/06/2019, 19:00 WIB
Instruktur wasit asal India AFC, Suresh Srinivasan, memimpin acara seleksi wasit dan asisten wasit untuk kompetisi Liga 2 2019 di Hotel Fame Gading Serpong, Tangerang, Rabu (12/6/2019). PSSI Instruktur wasit asal India AFC, Suresh Srinivasan, memimpin acara seleksi wasit dan asisten wasit untuk kompetisi Liga 2 2019 di Hotel Fame Gading Serpong, Tangerang, Rabu (12/6/2019).

KOMPAS.com - Para calon wasit dan asisten wasit kompetisi Liga 2 2019 menghadiri acara bertajuk “Professional League Referee Selection Liga 2 2019” di Hotel Fame Gading Serpong, Tangerang.

Acara yang dipimpin langsung oleh instruktur wasit AFC asal India, Suresh Srinivasan, telah berlangsung sejak 10 Juni dan akan berakhir pada 14 Juni 2019. 

Pada hari ketiga atau Rabu (12/6/2019), Suresh mengadakan tes evaluasi yang bertujuan mengetahui sejauh mana para perangkat pertandingan memahami materi yang sudah diberikan. Terutama masalah perubahan aturan baru dari Laws of the Game FIFA

Baca juga: PSSI Gelar Sosialisasi Aturan Baru untuk Wasit Liga 2 2019

“Tes evaluasi ini dilakukan, agar saya bisa menilai mereka dan ingin melihat sejauh mana para perangkat pertandingan ini, baik wasit dan asistennya, dalam memahami materi yang sudah saya berikan,” kata Suresh.

“Sejauh ini melihat padatnya acara, saya menilai mereka sangat antusias mengikuti materi yang saya berikan. Semoga mereka bisa menjaganya hingga akhir acara nanti,” ucap Suresh menambahkan.

Sebelumnya, Suresh telah memberikan materi tentang perubahan besar dalam Laws of The Game yang mulai diberlalukan pada musim 2019-2020.

Di antaranya adalah peraturan baru mengenai situasi “handball”, tempat pemain saat melakukan pergantian pemain, di mana mereka harus meninggalkan lapangan permainan dan posisi kiper pada saat tendangan penalti.

Baca juga: KLB PSSI Digelar 27 Juli 2019, Ini 3 Agenda Utamanya

“Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, mengenai perubahan peraturan dalam Laws of the Game, sebagian besar dari mereka sudah memahami,” tutur Suresh.

“Tapi untuk lebih memahaminya, maka materi ini akan terus saya berikan. Tentu seperti tadi, saya lengkapi dengan beberapa materi video agar mereka bisa langsung mengerti,” tambahnya.

Selain teori, para perangkat pertandingan ini nantinya akan dibekali ilmu praktek yang dilaksanakan Kamis (13/6/2019) di Stadion Sport Centre Kelapa Dua, Tangerang, bersama para instruktur wasit utusan AFC.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X