Cristiano Ronaldo Tak Akan Pensiun Sebelum Lampaui 5 Legenda Ini

Kompas.com - 13/06/2019, 07:00 WIB
Cristiano Ronaldo membawa bola pada pertandingan Portugal vs Swiss dalam semifinal UEFA Nations League di Stadion Do Dragao, seusai dirinya mencetak hat-trick pada laga tersebut, 5 Juni 2019. AFP/MIGUEL RIOPA Cristiano Ronaldo membawa bola pada pertandingan Portugal vs Swiss dalam semifinal UEFA Nations League di Stadion Do Dragao, seusai dirinya mencetak hat-trick pada laga tersebut, 5 Juni 2019.

KOMPAS.com - Kualitas Cristiano Ronaldo sebagai pencetak gol ulung tak perlu diragukan lagi.

Kali terakhir, kolektor Ballon d'Or lima kali itu melesatkan tiga gol ketika Portugal jumpa Swiss dalam laga semifinal UEFA Nations League 2019 di Estadio do Dragao (5/6/2019).

Hattrick itu membuat Ronaldo menjadi top skor sepanjang masa Portugal dengan raihan 88 gol.

Jumlah tersebut nyaris dua kali lipat dibandingkan seniornya, Pedro Miguel Carreiro Resendes alias Pauleta, yang bertengger di posisi kedua dengan 47 gol.

Baca juga: Bukti Ronaldo Sosok Nomor 7 yang Tak Tergantikan di Man United

Kini Ronaldo tinggal selangkah lagi menyalip mantan pemain Iran, Ali Daei, yang mempunyai rekor sebagai pencetak gol terbanyak untuk tim nasional. Daei yang pensiun dari timnas pada 2007, sanggup menciptakan 109 gol bagi negaranya.

Sementara rival abadi Ronaldo, Lionel Messi, masih ketinggalan jauh. Dua gol terakhir Messi saat lawan Nikaragua (8/6/2019), membuat ia sejauh ini "hanya" mengemas 67 gol bagi Argentina.

Sejak memperkuat timnas U-15 Portugal, Ronaldo sudah menunjukkan ketajamannya. Melakoni debut pada 24 Februari 2001, ia berhasil menyarangkan tujuh gol dari sembilan penampilannya.

Baru pada 20 Agustus 2003, mantan pemain Real Madrid itu debut bersama timnas senior. Pelatih Portugal saat itu, Luiz Felipe Scolari, menurunkan Ronaldo saat usianya menginjak 18 tahun, 6 bulan, dan 15 hari.

Baca juga: Perkenalan Hazard di Real Madrid Dijanjikan Lebih Meriah dari Ronaldo

Hingga sekarang, perolehan gol Ronaldo sudah menyentuh 707 gol. Itu termasuk gol bersama klub dan timnas di semua ajang.

Namun, total lesakan kapten timnas Portugal itu masih berada di belakang lima legenda lainnya.

Seperti yang dilansir BolaSport, hal tersebut lah yang membuat Ronaldo diramalkan tak akan gantung sepatu, sebelum melampaui catatan lima legenda.

Mereka adalah Josef Bican (Austria & Republik Ceska), Romario (Brasil), Pele (Brasil), Ferenc Puskas (Hungaria), dan Gerd Mueller (Jerman). Bican menempati peringkat teratas dengan total 805 gol di sepanjang kariernya.

Baca juga: Ronaldo Masih Ingin Juara bersama Timnas Portugal

Sebelumnya, International Federation of Football History & Statistics mencatat Pele sebagai pencetak gol terbanyak dengan 1.281 gol dari 1.363 pertandingan.

Bila hanya menghitung pertandingan resmi (tanpa laga persahabtan tak resmi dan laga tur), Pele hanya menceploskan 757 gol dari 812 pertandingan sepanjang kariernya.

Terlepas dari itu semuanya, Ronaldo masih membutuhkan setidaknya 23 gol lagi untuk menyamai torehan penyerang legendari Jerman, Gerd Mueller, yang berhasil menciptakan 730 gol dari 786 penampilan. (Septian Tambunan)




Close Ads X