Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021, Tim Bola Basket Indonesia Masuk Grup A

Kompas.com - 11/06/2019, 08:00 WIB
Ilustrasi bola basket ShutterstockIlustrasi bola basket

KOMPAS.com - Pengundian (drawing) kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 telah dilaksanakan di Bengaluru, India. Dengan demikian, sebanyak 24 negara memiliki gambaran untuk bisa berpartisipasi dalam putaran final FIBA Asia Cup 2021.

Sistem drawing ini baru kali pertama dilakukan setelah FIBA Asia Cup menggunakan format kualifikasi.

Baca juga: PSSI Jaring Pemain Bola Putri Asal NTT untuk Seleksi Timnas U-16

Berdasarkan hasil drawing kualifikasi FIBA Asia Cup 2021, tim bola basket putra Indonesia tergabung di Grup A bersama Filipina, Thailand, dan Korea Selatan.

Meskipun satu grup dengan negara-negara yang tergolong kuat, Indonesia dinilai punya kesempatan untuk mengasah dan meningkatkan kualitas permainan.

Pernyataan itu disampaikan oleh Erick Thohir yang merupakan anggota FIBA Central Board dan kandidat anggota Komite Olimpiade Indonesia (IOC).

Sistem pertandingan kejuaraan bola basket dunia sendiri telah mengalami perubahan sistem menjadi home and away setelah disepakati oleh federasi bola basket negara-negara anggota FIBA.

Adanya sistem home and away menjadi momen pula bagi supporter tim bola basket Indonesia untuk mendukung timnya di kandang.

Ada tiga periode Indonesia berkesempatan menjadi tuan rumah, yaitu pada tahun ini (25 November-3 Desember 2019), tahun 2020 (17-25 Februari 2020 dan 20-27 November 2020).

"Untuk lebih memperkuat dukungan pada tim Merah Putih, saya dan PP Perbasi akan bersama-sama mencari sponsor dan media partner untuk tim bola basket Indonesia," kata Erick Thohir pada Senin (10/6/2019).

Presiden SEABA Erick Thohir berpose setelah memastikan Indonesia sebagai tuan rumah Kejuaraan Dunia Bola Basket FIBA 2023 di Jenewa, Swiss, Sabtu (9/12/2017).Dok. Inasgoc Presiden SEABA Erick Thohir berpose setelah memastikan Indonesia sebagai tuan rumah Kejuaraan Dunia Bola Basket FIBA 2023 di Jenewa, Swiss, Sabtu (9/12/2017).

"Selain itu, hal ini bisa jadi pemanasan bagi Indonesia yang akan menjadi tuan rumah FIBA World Cup 2023 bersama Filipina dan Jepang," ucap Erick melanjutkan.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X