Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah 34 Tahun, Kapan Pensiun dari Timnas, Ronaldo?

Kompas.com - 10/06/2019, 08:22 WIB
Alsadad Rudi,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

Sumber A Bola

KOMPAS.com - Penyerang timnas Portugal, Cristiano Ronaldo, sudah menginjak usia 34 tahun.

Kebanyakan pesepak bola memilih untuk pensiun dari karier internasional saat menginjak usia tersebut. Namun, tidak demikian dengan Ronaldo.

Membela timnas Portugal sejak 2004, Ronaldo adalah pemegang rekor 188 pertandingan dengan 88 gol. Ia menyatakan masih akan membela timnas untuk waktu yang relatif lama.

"Saya pikir saya masih pemain yang berguna. Saya merasa termotivasi dan saya senang bermain di tim nasional," katanya seusai final UEFA Nations League di Stadion do Dragao, Porto, Minggu (9/6/2019) atau Senin dini hari WIB.

Baca juga: Portugal Vs Belanda, Ronaldo Masih Ingin Ballon dOr Usai Juara

Mengalahkan Belanda 1-0 di final, Ronaldo berhasil mengantarkan negaranya menjadi negara pertama yang menjuarai UEFA Nations League. Ini menjadi gelar kedua Ronaldo di timnas, setelah menjuarai Piala Eropa pada 2016 silam.

Meski menyatakan belum mau pensiun, Ronaldo menyadari akan datang saat dia harus pensiun.

"Cristiano Ronaldo tidak abadi dan akan ada hari saat saya tidak datang ke Selecao, tetapi itu masih lama. Beberapa tahun lagi," kata pemain Juventus itu.

Lebih lanjut, Ronaldo menyadari gelar juara UEFA Nations League akan memberi tekanan tersendiri bagi para pemain timnas. Ia meyakini timnas Portugal memiliki banyak potensi untuk berkembang dan memenangi banyak trofi pada masa depan.

Baca juga: Portugal Vs Belanda, Ronald Koeman Akui Kekalahan

"Ketika memenangi trofi, Anda menciptakan kebiasaan tertentu pada orang-orang, tetapi itu bagus, itu adalah tekanan yang sehat dan kami telah memberikan diri kami dengan baik," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber A Bola
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com