Sudah 34 Tahun, Kapan Pensiun dari Timnas, Ronaldo?

Kompas.com - 10/06/2019, 08:22 WIB
Cristiano Ronaldo merayakan keberhasilan Timnas Portugal menjadi juara UEFA Nations League seusai mengalahkan Timnas Belanda pada laga final di Stadion Do Dragao, 9 Juni 2019. AFP/PATRICIA DE MELO MOREIRACristiano Ronaldo merayakan keberhasilan Timnas Portugal menjadi juara UEFA Nations League seusai mengalahkan Timnas Belanda pada laga final di Stadion Do Dragao, 9 Juni 2019.
Penulis Alsadad Rudi
|

KOMPAS.com - Penyerang timnas Portugal, Cristiano Ronaldo, sudah menginjak usia 34 tahun.

Kebanyakan pesepak bola memilih untuk pensiun dari karier internasional saat menginjak usia tersebut. Namun, tidak demikian dengan Ronaldo.

Membela timnas Portugal sejak 2004, Ronaldo adalah pemegang rekor 188 pertandingan dengan 88 gol. Ia menyatakan masih akan membela timnas untuk waktu yang relatif lama.

"Saya pikir saya masih pemain yang berguna. Saya merasa termotivasi dan saya senang bermain di tim nasional," katanya seusai final UEFA Nations League di Stadion do Dragao, Porto, Minggu (9/6/2019) atau Senin dini hari WIB.

Baca juga: Portugal Vs Belanda, Ronaldo Masih Ingin Ballon dOr Usai Juara

Mengalahkan Belanda 1-0 di final, Ronaldo berhasil mengantarkan negaranya menjadi negara pertama yang menjuarai UEFA Nations League. Ini menjadi gelar kedua Ronaldo di timnas, setelah menjuarai Piala Eropa pada 2016 silam.

Meski menyatakan belum mau pensiun, Ronaldo menyadari akan datang saat dia harus pensiun.

"Cristiano Ronaldo tidak abadi dan akan ada hari saat saya tidak datang ke Selecao, tetapi itu masih lama. Beberapa tahun lagi," kata pemain Juventus itu.

Lebih lanjut, Ronaldo menyadari gelar juara UEFA Nations League akan memberi tekanan tersendiri bagi para pemain timnas. Ia meyakini timnas Portugal memiliki banyak potensi untuk berkembang dan memenangi banyak trofi pada masa depan.

Baca juga: Portugal Vs Belanda, Ronald Koeman Akui Kekalahan

"Ketika memenangi trofi, Anda menciptakan kebiasaan tertentu pada orang-orang, tetapi itu bagus, itu adalah tekanan yang sehat dan kami telah memberikan diri kami dengan baik," katanya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber A Bola
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X