Kompas.com - 04/06/2019, 21:42 WIB
Bek Liverpool, Virgil van Dijk (loncat), merayakan gol yang dicetaknya pada babak 16 besar Liga Champions antara Bayern Muenchen vs Liverpool di Allianz Arena, Rabu (13/3/2019) atau Kamis dini hari WIB. CHRISTOF STACHE/AFPBek Liverpool, Virgil van Dijk (loncat), merayakan gol yang dicetaknya pada babak 16 besar Liga Champions antara Bayern Muenchen vs Liverpool di Allianz Arena, Rabu (13/3/2019) atau Kamis dini hari WIB.

KOMPAS.com - Pelatih tim nasional Belanda, Ronald Koeman, mendukung pemainnya di timnas, Virgil van Dijk, sebagai pemenang Ballon d'Or 2019. Dia lebih menjagokan bek Liverpool itu dibandingkan Lionel Messi.

Virgil van Dijk menjadi salah satu pemain kunci di lini belakang yang membuat gawang Liverpool gagal dibobol oleh Tottenham Hotspur pada final Liga Champions musim ini di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid, Sabtu (1/6/2019) atau Minggu dini hari WIB.

Laga final itu berakhir dengan skor 2-0 untuk kemenangan Liverpool. Mohamed Salah dan Divock Origi menjadi penentu kesuksesan The Reds, yang untuk kali keenam merengkuh trofi Liga Champions.

Baca Juga: Van Dijk Sebut Messi Lebih Layak Raih Ballon d'Or

Bagi Van Dijk, trofi tersebut menjadi yang pertama sejak dia bergabung dengan Liverpool pada Januari 2018.

Menurut Opta, final Liga Champions menjadi laga ke-64 di semua kompetisi buat bek berdarah Suriname itu saat tak satu pun pemain lawan bisa melewatinya.

Di luar hal itu, bek berpostur 193 cm itu menjadi palang pintu kokoh Liverpool di Liga Inggris yang membuat mereka hanya kebobolan 22 gol dari 38 pertandingan pada musim 2018-2019.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ronald Koeman menilai anak asuhnya di timnas Belanda itu layak untuk mengalahkan Lionel Messi dalam perebutan gelar Ballon d'Or tahun ini. Koeman meyakini mantan pemain Glasgow Celtic dan Southampton itu harus diapresiasi lewat penghargaan individu.

"Van Dijk layak memenangkan Ballon d'Or," kata Koeman dilansir BolaSport.com dari GOAL.

"Jika Ballon d'Or biasanya dimenangkan oleh pemain yang mampu menciptakan atau membuat gol, kini saatnya pemain bertahan untuk memenangkannya."

Baca Juga: Usai Final Liga Champions, 3 Pemain Ini Diunggulkan Raih Ballon d'Or

"Menurut saya, Lionel Messi adalah pemain terbaik di dunia saat ini, tetapi saya juga meyakini bahwa Anda harus memenangkan gelar prestisius untuk berhak menjadi pemenang Ballon d'Or."

Mantan pemain Barcelona itu mengacu pada torehan gelar yang diraih oleh Messi musim ini dan kegagalannya bersama Barcelona.

Dalam kurun waktu 10 tahun terakhir, Messi dan Cristiano Ronaldo selalu mendominasi Ballon d'Or. Namun tahun lalu, keduanya harus mengakui Luka Modric sebagai pemenang setelah pemain berposisi gelandang tengah tersebut tampil impresif bersama Real Madrid dan Kroasia.

Kini, munculnya Van Dijk akan menjadi penerus yang layak sebagai pemenang Ballon d'Or meski dirinya tidak berlabel pemain terbaik di dunia. (Bonifasius Anggit Putra Pratama)



Sumber BolaSport
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.