Lagi, Ada Pebalap Tewas pada Balap Motor Jalanan Paling Bahaya di Dunia

Kompas.com - 04/06/2019, 21:20 WIB
Ajang balap Isle of Man TT (Tourist Trophy) 2019Instagram/tt_races Ajang balap Isle of Man TT (Tourist Trophy) 2019

KOMPAS.com - Seorang pebalap bernama Daley Mathison jadi korban pertama yang tewas dalam ajang balap Isle of Man TT (Tourist Trophy) 2019.

Dikutip dari Crash.net, Mathison terlibat kecelakaan saat balapan pembuka Isle of Man TT 2019 kelas RST Superbike TT, Senin (3/6/2019). Mathison, yang baru berusia 27 tahun, kecelakaan di lap 3 dari balapan TT.

Mathison diketahui sudah mengikuti ajang Isle of Man sejak 2013 silam.

Penyelenggara lomba, ACU Events Ltd telah menyampaikan belasungkawa atas kematian Mathison.

Baca juga: Digelar di Jalan Raya, Balap Motor Paling Berbahaya Kembali Digelar

“Secara total Daley telah mengikuti 19 balapan TT dengan 14 kali finis dan 3 podium dan memenangkan 6 medali perak dan 8 perunggu," sebut ACU Events Ltd melalui keterangan tertulisnya.

"ACU Events Ltd ingin menyampaikan simpati terdalam mereka kepada istri Daley, Natalie, keluarga dan teman-temannya," pungkasnya.

Isle of Man TT adalah ajang balap motor tahunan yang digelar di Isle of Man, sebuah pulau kecil yang terletak di Laut Irlandia yang menghubungkan Britania Raya dan Irlandia.

Ajang yang sudah digelar sejak tahun 1907 ini tercatat sudah memakan korban yang disebut mencapai 258 pebalap.

Baca juga: Sirkuit Mandalika Lombok Jadi Sirkuit Jalanan Pertama di MotoGP

Isle of Man TT dianggap berbahaya karena digelar di jalan raya. Padahal, motor-motor yang dipakai adalah motor bermesin besar yang mampu melesat dalam kecepatan tinggi, dari mulai 600cc hingga 1000cc.

Ajang balap motor tahunan Isle of Man TT (Tourist Trophy)www.bennetts.co.uk Ajang balap motor tahunan Isle of Man TT (Tourist Trophy)

Karena dihelat di jalan raya, banyak tikungan yang berhimpitan dengan tembok, bangunan, dan pohon. Apalagi kerap terjadi penonton yang masuk dan menyeberang di lintasan.

Pada 2018 silam, tercatat ada dua pebalap yang kehilangan nyawanya dalam sepekan terakhir gelaran Isle of Man TT. Keduanya adalah Dan Kneen dan Adam Lyon.

Sejumlah pebalap MotoGP pernah ditantang untuk turun di ajang Isle of Man TT, tetapi menolak dengan pertimbangan keamanan. Keduanya adalah Valentino Rossi dan Marc Marquez.

Rossi pernah tampil sebagai tamu dalam Isle of TT 2009. Ketika itu dia hanya ikut dalam parade mengelilingi sirkuit.

Baca juga: F1 Azerbaijan, Insiden Penutup Got Sirkuit Baku Berujung Kompensasi

Hal serupa juga dilontarkan Marquez. Walau demikian, Marquez mengaku menghormati para pebalap beserta penikmat balapan tersebut.

"Bagi saya, Isle of Man adalah kompetisi yang bisa mempermainkan hidup Anda. Anda takkan pernah tahu bakal tampil baik atau buruk," tutup Marquez.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X