Yanto Basna Rela Tidak "Lebaran" demi Timnas Indonesia

Kompas.com - 03/06/2019, 21:31 WIB
Bek Yanto Basna menyundul bola dalam seleksi tahap kedua tim nasional Indonesia yang digelar di Stadion Pakansara, Cibinong, Selasa (16/8/2016). Herka Yanis Pangaribowo/BOLA/JUARA.net Bek Yanto Basna menyundul bola dalam seleksi tahap kedua tim nasional Indonesia yang digelar di Stadion Pakansara, Cibinong, Selasa (16/8/2016).

KOMPAS.com - Bek Tim Nasional (timnas) Indonesia, Yanto Basna, memilih menghabiskan waktu libur Lebaran di Jakarta.

Yanto Basna termasuk di dalam daftar 25 pemain yang dipanggil pelatih timnas senior, Simon McMenemy, untuk mengikuti pemusatan latihan sebagai persiapan menghadapi dua laga persahabatan bertajuk “FIFA Matchday” melawan Yordania dan Vanuatu.

Pemusatan latihan tersebut telah berlangsung di Stadion Wibawa Mukti, Bekasi, sejak 31 Mei dan akan diliburkan pada 3 Juni sebelum dilanjutkan kembali pada 7 Juni 2019.

Baca juga: Cerita Yanto Basna, Bermain di Thailand Jalan Menuju Level Asia

Para pemain diberi kesempatan untuk “istirahat” selama masa libur Hari Raya Idul Fitri.

Jika sebagian besar pemain mengambil jatah libur tersebut untuk mengunjungi sanak saudara di kampung halaman, lain halnya dengan Yanto Basna. Bek Sukhothai FC itu memilih tinggal di Jakarta selama libur dua hari pada 4-5 Juni 2019.

"Saya tetap di Jakarta. Sendirian karena keluarga di Papua," kata mantan bek Persib Bandung itu.

Yanto mengatakan bahwa dirinya akan melakukan latihan sendiri untuk penyesuaian fisik.

"Saya harus beristirahat dan berlatih untuk penyesuaian fisik," ujar Yanto menambahkan.

Skuad asuhan Simon McMenemy akan menghadapi Yordania di Amman pada Selasa (11/6/2019). Empat hari kemudian, skuad Garuda menjamu timnas Vanuatu di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat.

Baca juga: Timnas Indonesia Vs Yordania, Simon Bingung Pilih Pemain

Pertandingan ini digunakan sebagai ajang pemanasan menjelang Kualifikasi Piala Dunia 2022 sekaligus Kualifikasi Piala Asia 2023 yang dimulai pada September 2019.

Yanto Basna akan bersaing dengan sesama pemain asal Papua, Ricardo Salampessy, untuk mendapatkan tempat di lini pertahanan tim Garuda.

Dari 25 nama yang dipanggil, nantinya hanya 22 pemain yang akan diboyong ke Yordania. (Nungki Nugroho).

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X