Piala Dunia Wanita 2019 Segera Dimulai, Thailand Ikut Serta

Kompas.com - 03/06/2019, 18:31 WIB
Timnas Putri Thailand yang akan tampil di Piala Dunia Wanita 2019 di Perancis pada 7 Juni hingga 7 Juli mendatang.www.fifa.com Timnas Putri Thailand yang akan tampil di Piala Dunia Wanita 2019 di Perancis pada 7 Juni hingga 7 Juli mendatang.

KOMPAS.com - Piala Dunia Wanita 2019 akan dimulai pada 7 Juni hingga 7 Juli mendatang. Berlangsung di Perancis, Piala Dunia 2019 akan diikuti 24 peserta, salah satunya adalah Thailand.

Ini untuk kali kedua secara beruntun Thailand berpartisipasi. Mereka juga menjadi satu-satunya negara Asia Tenggara yang terlibat dalam ajang tersebut.

Empat tahun lalu, timnas putri Thailand juga tampil pada Piala Dunia Wanita 2015 yang dihelat di Kanada.

Tampilnya timnas putri Thailand di Perancis 2019 tak lepas dari prestasi yang ditorehkan pada Piala Asia 2018.

Baca juga: Dipecundangi Nepal, Timnas Putri Kalah Tiga Kali di Pra-Olimpiade

Dalam turnamen yang berlangsung di Yordania itu, Rattikan Thongsombut dkk berhasil finis di posisi keempat, di bawah Jepang, Australia, dan China.

Pada Piala Dunia Wanita 2019, Thailand akan tergabung di Grup F, bersama dengan Amerika Serikat, Cile dan Swedia.

Manajer umum timnas Thailand, Rumpha Ploy Varaveerakul, berharap timnya bisa tampil baik di panggung dunia kali ini.

Menurut Varaveerakul, lolos dua kali beruntun ke Piala Dunia Wanita merupakan bukti bahwa sepak bola putri terus berkembang di Thailand.

Baca juga: Kalah Telak dari Myanmar, Timnas Putri Tersingkir dari Pra-Olimpiade

"Ada wanita bermain sepak bola di mana-mana di negara saya," katanya dikutip dari situs FIFA.

Varaveerakul menyatakan, federasi sepak bola Thailand memperhatikan peningkatan populasi pesepak bola wanita.

Pihaknya akan terus mengembangkannya dengan mengatur lebih banyak kompetisi regional melalui kerja sama dengan federasi lokal, pemerintah daerah dan sekolah olahraga.

Seperti halnya kejadian di banyak negara, dunia sepak bola putri Thailand juga mengalami kesulitan dalam mencari dana. Memperbaiki situasi itu merupakan bagian dari tugas Varaveerakul.

Baca juga: PSSI Terkendala Keuangan, Timnas Putri Batal Berlaga di Piala AFF U-15

"Tantangannya adalah untuk menarik sponsor. Sepak bola putri belum sepopuler sepak bola putra dan sebagian besar pemain putri tidak terlalu terkenal," kata Varaveerakul.

"Tapi kami bekerja sama dengan rekan pemasaran kami guna mendapatkan sponsor untuk liga wanita kami. Tahun ini kami akan melihat peluncuran liga perempuan U-18. Segalanya akan menjadi lebih baik," pungkas Varaveerakul.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

Close Ads X