Louis van Gaal Sebut Petinggi Man United Tak Paham Sepak Bola

Kompas.com - 03/06/2019, 12:00 WIB
Louis van Gaal saat masih menangani Manchester United. OLI SCARFF/AFPLouis van Gaal saat masih menangani Manchester United.

KOMPAS.com - Wakil CEO Manchester United, Ed Woodward, kembali mendapatkan kritik pedas. Kali ini, ia dianggap tidak memiliki wawasan terkait olahraga sepak bola.

Pernyataan tersebut dilontarkan mantan pelatih Manchester United asal Belanda, Louis van Gaal, yang menangani klub itu pada periode 2014-2016.

Baca juga: Deontay Wilder: Anthony Joshua Bukan Juara Sejati!

Selama masa kepelatihannya di Man United, Louis van Gaal hanya membawa Setan Merah finis di posisi keempat dan kelima pada ajang Liga Inggris, serta meraih Piala FA.

Kala itu, pencapaian minor Van Gaal menuai kritik. Namun, kini, dia mencoba untuk membela diri dalam sesi wawancaranya dengan sebuah majalah asal Jerman.

Menurut Van Gaal, sebagai petinggi Man United, Ed Woodward dinilai tidak memahami sepak bola. Hal itulah yang membuat klub tersebut minim prestasi.

Wakil CEO Manchester United Ed Woodward berdiri di Stadion Old Trafford menjelang partai kontra Everton pada lanjutan Premier League, 3 April 2016.OLI SCARFF/AFP Wakil CEO Manchester United Ed Woodward berdiri di Stadion Old Trafford menjelang partai kontra Everton pada lanjutan Premier League, 3 April 2016.

Ed Woodward, kata Van Gaal, hanya fokus terhadap urusan bisnis klub ketimbang prestasi sepak bola mereka.

Van Gaal pun tak sungkan membandingkan Man United dengan klub Jerman yang pernah ia latih sebelumnya, Bayern Muenchen.

"Di Bayern, orang-orang yang bertugas adalah orang sepak bola. Saya selalu menghargai hal tersebut," ujar Van Gaal.

"Di Manchester United, Ed Woodward diangkat sebagai CEO, seseorang yang tidak memahami sepak bola dan sebelumnya adalah seorang bankir investasi," kata Van Gaal melanjutkan.

Lebih lanjut, Van Gaal menyatakan bahwa keputusan Man United mendatangkan Jose Mourinho sebagai pelatih hanya murni berdasarkan kepentingan bisnis.

Baca juga: Pakai Jaket Kulit Hitam, Barack Obama Nonton Gim Kedua Final NBA

"Tentu itu bukan sesuatu yang baik ketika klub semata-mata dijalankan dari perspektif komersial. Saya tidak menentang klub. Mereka menginginkan Mourinho dan dia tersedia," ucap Van Gaal.

"Menunjuk Mourinho (sebagai pelatih) jelas menarik dari sudut pandang bisnis."

Saat ini, Man United ditangani oleh legenda mereka, Ole Gunnar Solskjaer. Sayangnya, mereka hanya finis di posisi keenam dan gagal menyegel tempat di ajang Liga Champions.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Daily Mail
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X