Kubu Anthony Joshua Langsung Dengungkan Rematch Lawan Andy Ruiz Jr

Kompas.com - 02/06/2019, 19:05 WIB

Anthony Joshua (kanan) usai kalah TKO melawan Andy Ruiz Jr (kiri).TWITTER ANTHONY JOSHUA Anthony Joshua (kanan) usai kalah TKO melawan Andy Ruiz Jr (kiri).
KOMPAS.com - Anthony Joshua harus menerima kenyataan pahit ketika melakoni debut di Amerika Serikat, Sabtu (1/6/2019) atau Minggu pagi WIB. Dia kalah TKO dari Andy Ruiz Jr dalam usaha mempertahankan gelar juara dunia kelas berat.

Alhasil, Anthony Joshua langsung kehilangan empat gelar dalam duel di Madison Square Garden, New York, Amerika Serikat. Dia dinyatakan kalah TKO pada ronde ke-7 dari 12 yang direncanakan.

Anthony, yang jatuh beberapa kali, sejak ronde ketiga, tak sanggup melanjutkan pertandingan. Wasit mengakhiri laga dan memberikan kemenangan kepada Andy Ruiz Jr, yang membuat sejarah sebagai petinju pertama dari Meksiko yang juara dunia kelas berat.

Tragisnya, Joshua sempat lebih dulu membuat jatuh sang lawan pada ronde ketiga. Namun, dia gagal mempertahankan momentum yang justru berbalik arah kepada Ruiz.

Baca Juga: Andy Ruiz Jr Permalukan Anthony Joshua dan Dunia

Hasil dalam laga debutnya di Amerika Serikat ini membuat Joshua kehilangan gelar versi WBA (Super), IBF, WBO dan IBO.

Beberapa saat setelah pertandingan, Eddie Hearn selaku promotor Joshua mengonfirmasi kemungkinan terjadinya tanding ulang alias rematch.

"Kami akan mengadakan rematch di Britania Raya pada November atau Desember. Namun malam ini semuanya tentang Andy Ruiz Jr," kata Eddie Hearn dikutip BolaSport.com dari Mirror.

"Joshua bakal kembali memiliki kesempatan menghadapi Ruiz tetapi dia harus menang. Itu akan menjadi laga wajib menang bagi dirinya," ujar Hearn menambahkan.

Baca Juga: Anthony Joshua Berambisi Koleksi 4 Gelar Juara Sekaligus

Meski Eddie Hearn yakin kliennya bakal menang saat rematch nanti, tetapi Joshua terancam tak bisa mendapatkan kembali keempat gelarnya yang lepas.

Nasib Joshua sekarang bergantung kepada Ruiz, yang harus mempertahankan sabuk IBF dari ancaman Kubrat Pulev dalam sebuah laga wajib. Dengan begitu, Ruiz bakal menghadapi jadwal padat dalam sisa tahun ini di mana dua laga akbar masuk dalam antrean.

Ruiz bisa saja memilih untuk melewatkan laga kontra Kubrat Pulev demi fokus menghadapi Joshua di Wembley. Apalagi, laga ulang menjanjikan pendapatan uang yang lebih besar bagi petinju bernama lengkap Andres Ponce Ruiz Jr tersebut.

Andai langkah itu diambil, maka sabuk juara dunia tinju kelas berat versi IBF milik Ruiz bakal dilucuti. Skenario itu tentu sama sekali tidak diharapkan oleh Joshua yang bertekad kembali merebut empat gelarnya yang lepas usai kekalahan tersebut. (Doddy Wiratama)



Sumber BolaSport
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X