Rekor Tercoreng dan Kehilangan 4 Gelar, Joshua Akui Kalah dari Petarung Hebat

Kompas.com - 02/06/2019, 14:32 WIB
Anthony Joshua (kiri) dipermalukan petinju Meksiko, ANdy Ruiz Jr dalam perebutan gelar juara dunia tinju kelas befrat di Madison Square Garden, Sabtu (01/06/2019) Anthony Joshua (kiri) dipermalukan petinju Meksiko, ANdy Ruiz Jr dalam perebutan gelar juara dunia tinju kelas befrat di Madison Square Garden, Sabtu (01/06/2019)

KOMPAS.com - Petinju kelas berat Inggris, Anthony Joshua, mengakui kegagalannya mempertahankan empat gelar juara dunia (IBO, WBA, WBO, dan IBF) karena kalah dari petarung yang lebih baik.

Anthony Joshua bertarung melawan petinju Meksiko, Andy Ruiz Jr, di Madison Square Garden, New York, Amerika Serikat, Minggu (2/6/2019). Ini menjadi debut Anthony Joshua di negara tersebut.

Namun penampilan perdana di Amerika Serikat sangat memprihatinkan. Dia kalah technical knock out (TKO) karena laga dihentikan wasit pada ronde ketujuh.

Baca Juga: Andy Ruiz Jr Permalukan Anthony Joshua dan Dunia

Kekalahan TKO itu diputuskan wasit setelah Joshua mengonfirmasi bahwa dia tidak lagi bisa melanjutkan pertarungan dengan Ruiz. Alhasil, rekor kemenangan Joshua yang semula sempurna 22-0 (21 KO) kini tercoreng.

Tak cuma itu. Joshua juga langsung kehilangan empat gelar juara dunia kelas berat yakni versi IBO, WBA, WBO dan IBF.

Sementara itu, Ruiz mengukir sejarah besar. Dia menjadi petinju kelas berat pertama dari Meksiko yang menyabet sabuk juara dunia.

"Saya dikalahkan oleh petarung yang bagus. Akan menjadi hal menarik untuk melihat seberapa jauh dia (Ruiz) bisa melangkah, tetapi ini semua adalah bagian dari perjalanan," tutur Joshua yang dilansir BolaSport.com dari BBC.

"Dia (Ruiz) adalah juara sekarang, saya akan kembali," ucap Joshua menegaskan.

Baca Juga: Anthony Joshua Siap Bertatap Muka dengan Deontay Wilder

Performa Joshua pada duel kontra Andy Ruiz Jr memang terbilang buruk. Meski sempat lebih dulu menjatuhkan Ruiz pada ronde ketiga, Joshua tak bisa mempertahankan momentum tersebut.

Sebaliknya, Joshua justru berbalik dihajar oleh Ruiz hingga terjatuh juga pada ronde ketiga.

Setelah sempat dipisahkan oleh wasit dan memulai pertarungan kembali, Joshua lagi-lagi jatuh dipukul Ruiz.

Joshua belum langsung dinyatakan kalah knock out (KO) karena masih sanggup berdiri dan tak lama kemudian diselamatkan oleh bel tanda berakhirnya ronde.

Namun, pada ronde-ronde berikutnya, penampilan Joshua sudah tak lagi stabil. Dia kemudian kembali dijatuhkan Ruiz pada ronde ketujuh.

Meski Joshua masih bisa berdiri, tetapi dia tak mampu lagi melanjutkan pertarungan. Wasit pun menghentikan pertarungan dan menyatakan kemenangan TKO untuk Ruiz. (Diya Farida Purnawangsuni)



Sumber BolaSport
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X