Juergen Klopp Dinilai Berperan Besar atas Kesuksesan Liverpool

Kompas.com - 02/06/2019, 06:20 WIB
Pelatih Liverpool, Juergen Klopp, memberi arahan saat pertandingan final Liga Champions antara Liverpool vs Tottenham Hotspur di Stadion Wanda Metropolitano di Madrid pada 1 Juni 2019. PAUL ELLIS/AFP Pelatih Liverpool, Juergen Klopp, memberi arahan saat pertandingan final Liga Champions antara Liverpool vs Tottenham Hotspur di Stadion Wanda Metropolitano di Madrid pada 1 Juni 2019.

KOMPAS.com - Kapten Liverpool, Jordan Henderson, tak ragu untuk menyebut nama Juergen Klopp sebagai sosok yang paling berkontribusi atas keberhasilan tim menjuarai Liga Champions 2018-2019.

Menurut Henderson, kehadiran Juergen Klopp sebagai pelatih Liverpool sejak 2015 telah membawa perubahan positif yang signifikan.

Baca juga: Mohamed Salah, dari Sebuah Desa hingga Juara Liga Champions di Madrid

"Tanpa dia (Klopp), ini ( juara Liga Champions 2018-2019) tidak mungkin terjadi," ujar Henderson yang dikutip dari situs resmi UEFA.

"Kami sudah melewati masa-masa sulit dalam satu musim, tetapi apa yang telah dia lakukan sejak masuk ke sini benar-benar sulit dipercaya," tutur Henderson menjelaskan.

Lebih lanjut, Henderson menyatakan bahwa Klopp adalah pelatih yang bisa menciptakan kekompakan di antara para pemain Liverpool.

Faktor itulah yang dinilai Henderson menjadi kunci dalam keberhasilan Liverpool meraih trofi "Si Kuping Besar" pada musim ini.

"Ada kebersamaan yang saya rasakan. Dia (Klopp) telah menciptakan suasana ruang ganti yang spesial. Saya kira semua pujian layak diberikan kepadanya," kata Henderson.

Pada laga final Liga Champions 2018-2019 yang berlangsung di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid, Sabtu (1/6/2019) atau Minggu dini hari WIB, Liverpool mengalahkan Tottenham dengan skor 2-0.

Baca juga: Tottenham Vs Liverpool, Akhir Penantian Juara Juergen Klopp

The Reds, julukan Liverpool, membuka gol melalui eksekusi penalti Mohamed Salah pada menit ke-2.

Striker cadangan Divock Origi kemudian menggenapkan skor laga menjadi 2-0 lewat tendangan keras mendatarnya pada menit ke-87.

Bagi Klopp, ini adalah gelar juara keenamnya sebagai pelatih. Lima gelar sebelumnya diraih saat masih menangani Borussia Dortmund.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X