5 Fakta Menarik Laga Final Liga Champions, Tottenham Vs Liverpool

Kompas.com - 02/06/2019, 04:49 WIB
Jordan Henderson mengangkat trofi Si Kuping Besar seusai Liverpool memastikan diri menjadi juara Liga Champions dengan mengalahkan Tottenham Hotspur di Stadion Wanda Metropolitano, 1 Juni 2019. AFP/OSCAR DEL POZO Jordan Henderson mengangkat trofi Si Kuping Besar seusai Liverpool memastikan diri menjadi juara Liga Champions dengan mengalahkan Tottenham Hotspur di Stadion Wanda Metropolitano, 1 Juni 2019.

KOMPAS.com - Liverpool menyudahi musim kompetisi 2018-2019 dengan menjadi juara Liga Champions. Pada laga final, mereka mengalahkan Tottenham Hotspur.

Tampil di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid, Spanyol, Sabtu (1/6/2019) atau Minggu dini hari WIB, Liverpool meraih kemenangan 2-0 atas Tottenham.

Baca juga: Tottenham Perpanjang Catatan Negatif Tim Debutan Final Liga Champions

Dua gol kemenangan The Reds tercipta melalui eksekusi penalti Mohamed Salah pada menit kedua serta sepakan keras Divock Origi pada menit ke-87.

Dengan demikian, The Reds, julukan Liverpool, tercatat sudah enam kali menjadi juara pada ajang Piala Champions/Liga Champions, yakni 1977, 1978, 1981, 1984, 2005, dan 2019.

Berikut ini sejumlah fakta menarik yang tercipta sepanjang laga final Liga Champions antara Tottenham dan Liverpool:

1. Salah jadi yang pertama


Penyerang Liverpool, Mohamed Salah, merayakan gol dengan rekan setimnya setelah mencetak gol via penalti saat pertandingan final Liga Champions antara Liverpool vs Tottenham Hotspur di Stadion Wanda Metropolitano di Madrid pada 1 Juni 2019. JAVIER SORIANO/AFP Penyerang Liverpool, Mohamed Salah, merayakan gol dengan rekan setimnya setelah mencetak gol via penalti saat pertandingan final Liga Champions antara Liverpool vs Tottenham Hotspur di Stadion Wanda Metropolitano di Madrid pada 1 Juni 2019.

Gol eksekusi penalti Mohamed Salah pada menit kedua menjadi pencapaian bersejarah. Ia menjadi pemain pertama Mesir yang mampu mencetak gol pada partai pamungkas Liga Champions.

Baca juga: Tottenham Vs Liverpool, The Reds Pantas Juarai Liga Champions

2. Divock Origi samai Yannick Carrasco

Pemain cadangan Liverpool, Divock Origi, menjadi pesepak bola Belgia kedua yang sukses mencetak gol pada final Liga Champions setelah Yannick Carrasco (Atletico Madrid vs Real Madrid pada 2016).

3. Juergen Klopp ikuti jejak pelatih terdahulu

Pelatih Liverpool, Juergen Klopp, memberi arahan saat pertandingan final Liga Champions antara Liverpool vs Tottenham Hotspur di Stadion Wanda Metropolitano di Madrid pada 1 Juni 2019. PAUL ELLIS/AFP Pelatih Liverpool, Juergen Klopp, memberi arahan saat pertandingan final Liga Champions antara Liverpool vs Tottenham Hotspur di Stadion Wanda Metropolitano di Madrid pada 1 Juni 2019.

Juergen Klopp tercatat sebagai pelatih keempat yang berhasil mengantarkan Liverpool juara Piala Champions/Liga Champions setelah Bob Paisley, Joe Fagan, dan Rafael Benitez.

Baca juga: Tottenham Perpanjang Catatan Negatif Tim Debutan Final Liga Champions

4. Liverpool, klub Inggris paling sukses di Liga Champions

Sejauh ini, Liverpool sudah enam kali menjadi juara Piala Champions/Liga Champions. Mereka mengungguli Manchester United yang baru tiga kali menjadi juara.

Baca juga: 6 Kisah Liverpool Juara Liga Champions, Gelar Ke-5 Paling Dramatis

5. Juara tanpa bermain dominan

Liverpool menjadi juara Liga Champions dengan penguasaan bola hanya 35,4 persen. Hal serupa pernah ditorehkan Inter Milan asuhan Jose Mourinho pada final Liga Champions tahun 2010.

Baca juga: Daftar Juara Liga Champions, Gelar Ke-6 Liverpool

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X