Jelang Final Liga Champions, Klopp Dinilai Sudah Sukses di Liverpool

Kompas.com - 31/05/2019, 18:30 WIB
Manajer Liverpool, Juergen Klopp, Senin (13/5/2019) AFPManajer Liverpool, Juergen Klopp, Senin (13/5/2019)
Penulis Alsadad Rudi
|

KOMPAS.com - Kendati belum pernah mempersembahkan trofi sejak datang 2015 silam, Juergen Klopp dinilai sudah sukses di Liverpool.

Pendapat itu diutarakan pelatih asal Spanyol, Juande Ramos, jelang final Liga Champions antara Tottenham Hotspur vs Liverpool, Sabtu (1/6/2019) atau Minggu dini hari WIB.

Sejak tiba di Liverpool, Klopp memang beberapa kali mengantarkan klubnya itu tiga kali masuk final, tetapi tak ada yang berujung juara.

Liverpool tercatat gagal menjadi juara Piala Liga 2015-2016, gagal juara Liga Europa 2015-2016, dan gagal di final Liga Champions 2017-2018.

Baca juga: DNA Eropa Dinilai Akan Buat Liverpool Juarai Liga Champions

Citra Klopp sebagai spesialis runner up makin melekat setelah Liverpool finis kedua di bawah Manchester City dalam persaingan gelar Premier League 2018-2019.

"Memang benar bahwa dia belum memenangi apa pun, tetapi dia memainkan sepak bola yang sangat bagus dan telah mampu berjuang sampai akhir (di kejuaraan), yang tidak mudah," kata Ramos.

Ramos kemudian mencontohkan keberhasilan Klopp di Borussia Dortmund yang pernah mematahkan hegemoni Bayern Muenchen di Jerman.

"Di Jerman dia harus bertarung melawan raksasa seperti Bayern Muenchen, dan di sini di Inggris ada sejumlah tim yang sulit," kata Ramos yang notabene pernah menangani Tottenham.

Baca juga: Diisukan ke Juventus, Begini Tanggapan Juergen Klopp

"Ini bukan kegagalan untuk finis kedua, meskipun kurangnya trofi, tidak ada yang bisa mengatakan Klopp gagal di Liverpool," pungkas Ramos.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Marca
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X